PELATIHAN KERJA KARYAWAN MELALUI METODE ON THE JOB TRAINING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN (Studi pada Pelatihan Kerja di We Coffee House Tasikmalaya)

Pratiwi, Galuh (2025) PELATIHAN KERJA KARYAWAN MELALUI METODE ON THE JOB TRAINING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN (Studi pada Pelatihan Kerja di We Coffee House Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (473kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. PERSEMBAHAN.pdf] Text
5. PERSEMBAHAN.pdf

Download (661kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of 7. KATA PENGANTAR.pdf] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (548kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf] Text
8. DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (652kB)
[thumbnail of 11. BAB III.pdf] Text
11. BAB III.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Dalam era persaingan bisnis yang semakin ketat, kualitas layanan menjadi faktor penentu keberhasilan suatu organisasi. Untuk meningkatkan dan meningkatkan kualitas layanan, pelatihan kerja menjadi hal yang tidak dapat diabaikan. Metode On The Job Training (OJT) telah banyak digunakan oleh berbagai organisasi sebagai pendekatan pelatihan yang efektif, mengingat sifatnya yang praktis dan efisien. Dengan begitu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses dan hasil dari pelatihan kerja melalui metode on the job training dalam meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif menggunakan teknik pengambilan data purposive sampling dengan dilaksanakan melalui proses observasi, wawancara, dokumentasi yang dilakukan pada We Coffee House Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini meliputi 5 macam teknik dalam prosesnya diantaranya, instruksi, pendampingan, rotasi kerja, penugasan sementara, dan magang. Selain daripada itu, metode ini juga berhasil membangun budaya pembelajaran berkelanjutan dalam organisasi, di mana karyawan senior berperan sebagai mentor bagi karyawan junior. Keberhasilan implementasi metode on the job training di We Coffee House dapat menjadi model referensi bagi usaha sejenis dalam mengembangkan sumber daya manusia yang kompeten dan adaptif terhadap tuntutan industri coffeeshop yang terus berkembang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa proses pelatihan kerja melalui metode On The Job Training mampu meningkatkan keterampilan dan pengetahuan peserta sehingga dapat dilihat dari hasil kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen dan dapat terus dikembangkan untuk hasil yang maksimal dengan beberarapa catatan poin perbaikan untuk kedepannya.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, On The Job Training (OJT), Pelatihan Kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 03 Nov 2025 03:14
Last Modified: 03 Nov 2025 03:14
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/682

Actions (login required)

View Item
View Item