Bathororesi, Wiragung (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA MELALUI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Citeureup Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01. Cover.pdf
Download (65kB)
02. Lembar Pengesahan Wiragung Bathororesi.pdf
Download (138kB)
03. Lembar Pernyataan Wiragung.pdf
Download (1MB)
04. Ucapan Terima kasih.pdf
Download (72kB)
05. Kata Pengantar.pdf
Download (118kB)
06. Abstrak.pdf
Download (9kB)
07. Abstract.pdf
Download (9kB)
08. Daftar Isi.pdf
Download (159kB)
09. BAB 1.pdf
Download (164kB)
10. BAB 2.pdf
Download (370kB)
11. BAB 3.pdf
Download (119kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (151kB)
14. Daftar Pustaka.pdf
Download (79kB)
15. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
Abstract
Penelitian ini di dasari Implementasi Program Adiwiyata SMA Negeri 1 Citeureup yang di integrasikan dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik. Seiring dengan semakin kompleknya permasalahan lingkungan hidup menjadi hal penting dan mendesak untuk semakin mengencarkan gerakan dalam bidang pendidikan yang berkaitan dengan pembentukan karakter peduli lingkungan. Implementasi Program Adiwiyata dinilai menjadi salah satu gerakan yang fokus terhadap karakter peduli lingkungan. Program P5 di buat untuk menumbuhkan karakter pelajar pancasila di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui implementasi Program Adiwiyata melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam meningkatkan karakter peduli lingkungan pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan observasi, wawancara, dokumentasi) wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengelola Adiwiyata, guru/koordinator P5, tiga orang peserta didik. Data yang diperoleh cenderung data kualitatif, analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif bersifat untuk memahami makna, memahami keunikan, mengkonstruksi fenomena, dan menemukan hipotesis. Instrumen penelitian berupa lembar pengamatan, lembar observasi, dan lembar wawancara dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Program Adiwiyata yang dilakukan di SMA Negeri 1 Citeureup terdiri dari empat komponen diantaranya kebijakan berwawasan lingkungan yang terlihat dari visi dan misi sekolah, membudayakan etika cinta lingkungan. Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan yang terlihat dari visi dan misi sekolah yang merupakan bentuk keterkaitan antara guru dan peserta didik dalam kepedulian terhadap lingkungan. Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif yang dilakukan dengan mengikuti program aksi lingkungan yang diadakan oleh sekolah maupun pihak luar. Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan yang meliputi adanya tempat sampah, air dan listrik yang baik. Implementasi P5 yang dilakukan di SMA Negeri 1 Citeureup terdiri dari tujuh tema yaitu, kewirausaan, suara demokrasi, gaya hidup berkelanjutan, kearifan lokal, rekaya teknologi, bangunlah jiwa raganya, bhineka tunggal ika. Dua tema yang terintegrasi dengan Program Adiwiyata yaitu rekayasa teknologi, dan gaya hidup berkelanjutan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan P5 menguatkan program Adiwiyata dalam hal meningkatkan karakter peduli lingkungan peserta didik.
Kata kunci : Implementasi, Adiwiyata, P5 ( Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Karakter Peduli Lingkungan.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Geografi | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 03 Nov 2025 03:01 | 
| Last Modified: | 03 Nov 2025 03:01 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/677 | 
