Nurhikmah, Nazla Nabilah (2025) TINGKAT KEPUASAN PESERTA PELATIHAN SENI MUSIK (Studi pada Peserta Pelatihan di Purwacaraka Music Studio Cabang Tasikmalaya). Other thesis, Univeritas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (129kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (316kB)
03 LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (333kB)
04 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (373kB)
05 HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (76kB)
06 ABSTRAK.pdf
Download (156kB)
07 ABSTRACT.pdf
Download (139kB)
08 KATA PENGANTAR.pdf
Download (144kB)
09 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (129kB)
10 DAFTAR ISI.pdf
Download (186kB)
11 DAFTAR TABEL.pdf
Download (119kB)
12 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (124kB)
13 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (109kB)
14 BAB 1.pdf
Download (168kB)
15 BAB 2.pdf
Download (225kB)
16 BAB 3.pdf
Download (371kB)
17 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (926kB)
18 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (121kB)
19 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (181kB)
20 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Belum adanya penilaian kepuasan peserta pelatihan membuat Purwacaraka Music Studio Cabang Tasikmalaya mengalami kesulitan dalam mengukur kepuasan peserta dan mengetahui keberhasilan program pelatihan yang diselenggarakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan peserta pelatihan seni musik di Purwacaraka Music Studio Cabang Tasikmalaya berdasarkan indikator unsur-unsur pelatihan. Metode penelitian menggunakan kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan skala Likert dengan kategori Sangat Puas (SP), Puas (P), Cukup Puas (CP), Tidak Puas (TP), dan Sangat Tidak Puas (STP). Hasil analisis deskriptif memperlihatkan pelaksanaan pelatihan memenuhi standar ideal dan tingkat kepuasan peserta pada kategori sangat puas, dilihat dari jumlah mean atau rata-rata sebesar 161,9118 dengan kategori sangat puas dan skor tertinggi sebesar 178 sebanyak 1 orang. Persentase keseluruhan tingkat kepuasan peserta pelatihan sebesar 89,9% berada pada kategori sangat puas, persentase tertinggi diperoleh pada indikator pelatih/instruktur sebesar 95% dengan kategori sangat puas dan persentase terendah berada pada indikator fasilitas sebesar 85%. Dapat disimpulkan bahwa tingkat kepuasan peserta pelatihan seni musik berada pada kategori sangat puas, menunjukkan pelaksanaan pelatihan seni musik sudah sangat baik. Purwacaraka Music Studio Cabang Tasikmalaya perlu mempertahankan kualitas yang sangat baik ini, adapun pada persentase terendah meskipun berada pada kategori sangat puas perlu dijadikan catatan untuk evaluasi ke depannya bagi lembaga agar dapat meningkatkannya.
Kata Kunci: Kepuasan Peserta, Pelatihan, Seni Musik.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat | 
| Depositing User: | user1 user1 user1 | 
| Date Deposited: | 02 Nov 2025 13:39 | 
| Last Modified: | 02 Nov 2025 13:39 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/634 | 
