SANUBARI, KANIA FITRI (2025) PENGARUH METODE GALLERY WALK TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA DI KELAS XI-A.2 SMA NEGERI 2 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (159kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (260kB)
3. DEWAN PENGUJI.pdf
Download (197kB)
4. KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf
Download (242kB)
5. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (267kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (195kB)
7. ABSTRACT.pdf
Download (196kB)
8. KATA PENGANTAR.pdf
Download (131kB)
9. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (178kB)
10. DAFTAR ISI.pdf
Download (216kB)
11. DAFTAR TABEL.pdf
Download (246kB)
12. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (194kB)
13. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (196kB)
14. BAB I.pdf
Download (267kB)
15. BAB II.pdf
Download (305kB)
16. BAB III.pdf
Download (476kB)
17. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (489kB)
18. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (201kB)
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (205kB)
20. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
21. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar sejarah akibat kurangnya penerapan metode pembelajaran yang inovatif dan interaktif, sehingga diterapkan metode Gallery Walk sebagai solusi dalam pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Gallery Walk terhadap minat belajar peserta didik kelas XI-A.2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh signifikan dari penerapan metode Gallery Walk terhadap peningkatan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi-eksperimen berbentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Tasikmalaya, dengan sampel kelas XI-A.2 sebagai kelas eksperimen (38 peserta didik) menggunakan metode Gallery Walk dan kelas kontrol (32 peserta didik) tanpa penerapan metode Gallery Walk. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan angket pretest posttest sebanyak 17 butir soal, dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam minat belajar peserta didik setelah penerapan metode Gallery Walk. Hasil uji hipotesis menggunakan independent sample t-test menunjukkan nilai sig. sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulannya, metode Gallery Walk berpengaruh positif terhadap minat belajar sejarah peserta didik kelas XI-A.2 SMA Negeri 2 Tasikmalaya. Oleh sebab itu, metode ini disarankan untuk diterapkan lebih luas guna meningkatkan minat belajar peserta didik terhadap materi sejarah.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran Sejarah, Gallery Walk, Minat Belajar
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 08:17 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 08:17 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/438 | 
