ARYANA, ARIN (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X-2 MA AR-RAHMAN. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER ARIN.pdf
Download (185kB)
2. LEMBAR PENGESEHAN ARIN.pdf
Download (198kB)
3_LEMBAR PENGUJI ARIN.pdf
Download (156kB)
4_LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf
Download (177kB)
5. HALAMAN PRIBADI ARIN.pdf
Download (206kB)
6. ABSTRAK ARIN.pdf
Download (256kB)
7. KATA PENGANTAR ARIN.pdf
Download (145kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH ARIN.pdf
Download (216kB)
9. DAFTAR ISI ARIN.pdf
Download (197kB)
10. DAFTAR GAMBAR ARIN.pdf
Download (144kB)
11. DAFTAR TABEL ARIN.pdf
Download (212kB)
12. DAFTAR LAMPIRAN ARIN.pdf
Download (213kB)
13. BAB I ARIN.pdf
Download (211kB)
14. BAB II ARIN.pdf
Download (270kB)
15. BAB III ARIN.pdf
Download (432kB)
16. BAB IV ARIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (414kB)
17. BAB V ARIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (152kB)
18. DAFTAR PUSTAKA ARIN.pdf
Download (229kB)
19. LAMPIRAN ARIN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas X-2 MA Ar-Rahman, dan mengetahui peningkatan keaktifan belajar peserta didik kelas X-2 MA Ar-Rahman pada mata pelajaran Sejarah setelah menggunakan model kooperatif tipe Student Facillitator and Explaining. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen jenis non-equivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 MA Ar-Rahman sebanyak 31 orang dan kelas X-1 MA Ar-Rahman berjumlah 31 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non-probality sampling jenis total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran angket sebelum dan sesudah pembelajaran. Data kemudian dilakukan uji prasyarat analisis dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Kemudian, melakukan analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Untuk mengolah data penelitian menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 29. Pertama, hasil uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001, karena nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,001< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas X-2 MA Ar-Rahman. Kedua, hasil uji N-Gain menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata sebesar 0,74, sehingga dapat dinyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining (SFAE) efektif digunakan dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah di kelas X-2 MA Ar-Rahman.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facillitator and Explaining, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Sejarah
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General)  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 07:22 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 07:22 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/423 | 
