KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS

FAUZIAH, SILPANA (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2_Lembar Pengesahan.pdf] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of 3_Suket Revisi.pdf] Text
3_Suket Revisi.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 4_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf] Text
4_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of 5_Abstrak.pdf] Text
5_Abstrak.pdf

Download (7kB)
[thumbnail of 6_Kata Pengantar.pdf] Text
6_Kata Pengantar.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 7_Daftar-daftar.pdf] Text
7_Daftar-daftar.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 8_BAB 1.pdf] Text
8_BAB 1.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 9_BAB 2.pdf] Text
9_BAB 2.pdf

Download (511kB)
[thumbnail of 10_BAB 3.pdf] Text
10_BAB 3.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 11_BAB 4.pdf] Text
11_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of 12_BAB 5.pdf] Text
12_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 13_Daftar Pustaka.pdf] Text
13_Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 14_SK Pembimbing.pdf] Text
14_SK Pembimbing.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (823kB)
[thumbnail of 16_Riwayat Hidup.pdf] Text
16_Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[thumbnail of 15_Lampiran.pdf] Text
15_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends dan peserta didik yang menggunakan model Direct
Instruction, mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif
konseptual tempo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tipe gaya kognitif konseptual
tempo pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen dan desain faktorial. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas X SMAN 1 Kawali yang terdiri dari 6 kelas, dan pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih 2 kelas, yaitu X IPA 1
sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model
pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan antara lain tes gaya kognitif
MFFT (Matching Familiar Figures Test) dan tes kemampuan pemecahan masalah
matematis materi vektor dimensi tiga. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan
uji anova dua jalur dan satu jalur. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data,
diperoleh hasil (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik dengan
Time Token Arends dan peserta didik yang menggunakan model Direct Instruction; (2)
Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif konseptual
tempo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; dan (3) Terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tipe gaya kognitif konseptual
tempo pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Konseptual
Tempo, LAPS Heuristik, Time Token

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 06:39
Last Modified: 29 Oct 2025 06:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item
View Item