FAUZIAH, SILPANA (2024) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK BERDASARKAN TIPE GAYA KOGNITIF KONSEPTUAL TEMPO YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS-HEURISTIK DENGAN TIME TOKEN ARENDS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1_Cover.pdf
Download (83kB)
2_Lembar Pengesahan.pdf
Download (86kB)
3_Suket Revisi.pdf
Download (586kB)
4_Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf
Download (569kB)
5_Abstrak.pdf
Download (7kB)
6_Kata Pengantar.pdf
Download (63kB)
7_Daftar-daftar.pdf
Download (95kB)
8_BAB 1.pdf
Download (265kB)
9_BAB 2.pdf
Download (511kB)
10_BAB 3.pdf
Download (237kB)
11_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (354kB)
12_BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
13_Daftar Pustaka.pdf
Download (169kB)
14_SK Pembimbing.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB)
16_Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (86kB)
15_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah
matematis antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends dan peserta didik yang menggunakan model Direct
Instruction, mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif
konseptual tempo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, dan perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tipe gaya kognitif konseptual
tempo pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
metode eksperimen dan desain faktorial. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta
didik kelas X SMAN 1 Kawali yang terdiri dari 6 kelas, dan pengambilan sampel
menggunakan teknik simple random sampling, sehingga terpilih 2 kelas, yaitu X IPA 1
sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends dan X IPA 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model
pembelajaran Direct Instruction. Instrumen yang digunakan antara lain tes gaya kognitif
MFFT (Matching Familiar Figures Test) dan tes kemampuan pemecahan masalah
matematis materi vektor dimensi tiga. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan
uji anova dua jalur dan satu jalur. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data,
diperoleh hasil (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis
antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik dengan
Time Token Arends dan peserta didik yang menggunakan model Direct Instruction; (2)
Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan tipe gaya kognitif konseptual
tempo terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis; dan (3) Terdapat perbedaan
kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan tipe gaya kognitif konseptual
tempo pada peserta didik yang menggunakan model pembelajaran LAPS Heuristik
dengan Time Token Arends.
Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Gaya Kognitif, Konseptual
Tempo, LAPS Heuristik, Time Token
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 06:39 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 06:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/413 |
