IRODATULTIO, IRODATULTIO (2025) PEMANFAATAN SITUS CIPARI SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI CIGUGUR PADA KURIKULUM MERDEKA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (140kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (428kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (426kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (478kB)
5. LEMBAR PRIBADI.pdf
Download (219kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (161kB)
7. KATA PENGANTAR.pdf
Download (492kB)
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (160kB)
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (168kB)
10. BAB 1.pdf
Download (254kB)
11. BAB 2.pdf
Download (282kB)
12. BAB 3.pdf
Download (246kB)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (163kB)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (235kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
Abstract
Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi guru untuk mengembangkan sumber belajar yang kontekstual dan bermakna bagi siswa. Salah satu potensi yang dapat dimanfaatkan adalah Situs Museum Cipari, yang menyimpan nilai edukatif tinggi terkait kehidupan Masa Prasejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) gambaran umum Situs Cipari serta kondisi dan potensinya sebagai sumber belajar siswa dalam Kurikulum Merdeka (2) pemanfaatan Situs Cipari sebagai sumber belajar di SMPN Cigugur dalam Kurikulum Merdeka serta dampaknya terhadap pemahaman siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan naturalistic inquiry. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, studi dokumen, dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Situs Megalitik Cipari menyimpan berbagai artefak dan peninggalan seperti peti kubur, gerabah dan manik-manik. Guru di SMPN 1 dan SMPN 2 Cigugur memanfaatkan Situs Cipari sebagai sumber belajar dengan mengaitkannya pada materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VII, Pada Tema 2 tentang keberagaman lingkungan sekitar, sub bab aktivitas manusia Zaman Praaksara dan mengenal leluhur Bangsa Indonesia, fase D dalam Kurikulum Merdeka. Pembelajaran dilakukan secara langsung di situs dengan pendampingan pemandu, yang memungkinkan siswa melihat secara nyata peninggalan Masa Prasejarah. Pemanfaatan Situs Cipari berdampak positif terhadap minat dan pemahaman siswa karena memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan bermakna. Pembelajaran yang menyenangkan seperti mengunjungi situs atau museum turut membuat siswa antusias dalam melaksanakan proses pembelajaran.
Kata Kunci: Situs Cipari, Kurikulum Merdeka, Sejarah lokal, Sumber belajar.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | D History General and Old World > D History (General) L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:43 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:43 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/405 |
