PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Dewi, Risma (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 5 KATA PENGANTAR.pdf] Text
5 KATA PENGANTAR.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 7 BAB 1.pdf] Text
7 BAB 1.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 8 BAB 2.pdf] Text
8 BAB 2.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 9 BAB 3.pdf] Text
9 BAB 3.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 10 BAB 4.pdf] Text
10 BAB 4.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 11 BAB 5.pdf] Text
11 BAB 5.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of 13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 14 LAMPIRAN.pdf] Text
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasi peserta didik SMP Negeri 3
Tasikmalaya Kelas VIII adalah KD 3.10 dan 4.10 yaitu menelaah struktur dan kaidah
kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi. Pemerolehan nilai menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi sebagian besar peserta didik
belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan
kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks
eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2023/2024. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik
wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas
VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menelaah struktur dan
kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siklus kesatu sebanyak 16 orang (50%)
berhasil mencapai KKM dan 16 orang (50%) belum mencapai KKM. Kemudian pada
aspek keterampilan siklus kesatu pembelajaran menyajikan teks eksplanasi sebanyak
22 orang (69%) sudah mencapai KKM dan 10 orang (31%) belum mencapai KKM.
Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan
sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai KKM yang sudah ditentukan yakni 75.
Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kaidah kebahasaan
serta menyajikan teks eksplanasi pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak
normal sehingga penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui
bahwa hasil uji Wilcoxon menunjukkan W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel
(126,28) dalam taraf signifikasi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata
yang meningkat dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan
kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks
eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran
2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima dan dapat terbukti kebenarannya

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 04:35
Last Modified: 29 Oct 2025 04:35
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/401

Actions (login required)

View Item
View Item