Dewi, Risma (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (20kB)
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (12MB)
3 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (12MB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (12MB)
5 KATA PENGANTAR.pdf
Download (12MB)
6 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf
Download (12MB)
7 BAB 1.pdf
Download (12MB)
8 BAB 2.pdf
Download (12MB)
9 BAB 3.pdf
Download (12MB)
10 BAB 4.pdf
Download (12MB)
11 BAB 5.pdf
Download (12MB)
12 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (12MB)
13 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
14 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (17MB)
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasi peserta didik SMP Negeri 3 
Tasikmalaya Kelas VIII adalah KD 3.10 dan 4.10 yaitu menelaah struktur dan kaidah 
kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi. Pemerolehan nilai menelaah struktur dan 
kaidah kebahasaan serta menyajikan teks eksplanasi sebagian besar peserta didik 
belum mencapai KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 75. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model 
pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan 
kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks 
eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 
2023/2024. Metode Penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian 
Tindakan Kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik 
wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas 
VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran menelaah struktur dan 
kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siklus kesatu sebanyak 16 orang (50%) 
berhasil mencapai KKM dan 16 orang (50%) belum mencapai KKM. Kemudian pada 
aspek keterampilan siklus kesatu pembelajaran menyajikan teks eksplanasi sebanyak 
22 orang (69%) sudah mencapai KKM dan 10 orang (31%) belum mencapai KKM. 
Pada siklus kedua terjadi peningkatan pada aspek pengetahuan dan keterampilan 
sebanyak 32 orang (100%) telah mencapai KKM yang sudah ditentukan yakni 75. 
Berdasarkan hasil uji normalitas data nilai menelaah struktur dan kaidah kebahasaan 
serta menyajikan teks eksplanasi pada siklus kesatu dan siklus kedua berdistribusi tidak 
normal sehingga penulis menghitung uji beda menggunakan uji Wilcoxon. Diketahui 
bahwa hasil uji Wilcoxon menunjukkan W hitung (0) lebih kecil daripada W tabel 
(126,28) dalam taraf signifikasi (0,01). Artinya terdapat peningkatan nilai rata-rata 
yang meningkat dari siklus I ke siklus II. 
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran 
Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan 
kemampuan menelaah struktur dan kaidah kebahasaan serta menyajikan teks 
eksplanasi pada Peserta Didik Kelas VIII G SMP Negeri 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 
2023/2024. Artinya, hipotesis penulis diterima dan dapat terbukti kebenarannya
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia | 
| Depositing User: | irma sri katon | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 04:35 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 04:35 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/401 | 
