PENGARUH MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cineam Tahun Ajaran 2024/2025)

DINATA, KANIA (2025) PENGARUH MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cineam Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR - DAFTAR.pdf] Text
7. DAFTAR - DAFTAR.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (770kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika penting untuk dilatihkan supaya peserta didik mampu menganalisis serta menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan solusi dan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Cineam diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong sangat rendah. Salah satu pemicunya adalah kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Cineam tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Cineam sebanyak 8 kelas dengan jumlah 267 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian dengan masing-masing soal mencakup seluruh indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (α = 0,05) menunjukkan bahwa yakni ditolak yang artinya model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Cineam tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, Means-Ends Analysis (MEA), question card, usaha dan energi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:44
Last Modified: 29 Oct 2025 03:44
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/385

Actions (login required)

View Item
View Item