DINATA, KANIA (2025) PENGARUH MODEL MEANS-ENDS ANALYSIS (MEA) BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI USAHA DAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cineam Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (15kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (246kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (267kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (120kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (405kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (423kB)
7. DAFTAR - DAFTAR.pdf
Download (145kB)
8. BAB 1.pdf
Download (154kB)
9. BAB 2.pdf
Download (770kB)
10. BAB 3.pdf
Download (755kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (249kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika penting untuk dilatihkan supaya peserta didik mampu menganalisis serta menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan solusi dan strategi yang tepat. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 1 Cineam diperoleh bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik tergolong sangat rendah. Salah satu pemicunya adalah kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Cineam tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian the matching-only posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh kelas X SMA Negeri 1 Cineam sebanyak 8 kelas dengan jumlah 267 peserta didik. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-1 dan kelas X-2. Untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik dilakukan dengan memberikan tes berbentuk uraian dengan masing-masing soal mencakup seluruh indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi (α = 0,05) menunjukkan bahwa yakni ditolak yang artinya model Means-Ends Analysis (MEA) berbantuan question card berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 1 Cineam tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, Means-Ends Analysis (MEA), question card, usaha dan energi.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:44 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:44 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/385 | 
