AFANDI, DIANE SRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (192kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (353kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (387kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (196kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (397kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (271kB)
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (340kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (304kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (281kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (279kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (307kB)
12. BAB 1.pdf
Download (422kB)
13. BAB 2.pdf
Download (748kB)
14. BAB 3.pdf
Download (1MB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (342kB)
17. DAFTAR PUSAKA.pdf
Download (329kB)
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya kepada pendidik dan peserta didik serta hasil tes uraian keterampilan berpikir kreatif yang menunjukkan kategori kurang kreatif. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran CLIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 5 kelas dengan total 153 peserta didik. Sampel penelitian dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI Saintek 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Saintek 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian (posttest) sebanyak 8 soal mencakup 4 indikator keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas dengan Chi-Square dan homogenitas dengan uji Fisher) serta uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi � = 0,05. Berdasarkan uji prasyarat, diperoleh data berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen, sehingga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh hasil �ℎ����� = 4,30 > ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Kesimpulannya, pada taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran CLIS menekankan pada keterlibatan aktif serta kolaboratif peserta didik melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial, sehingga mereka dapat mengembangkan ide-ide dan menyampaikan gagasan dengan bahasa mereka sendiri, yang pada akhirnya dapat melatih keterampilan berpikir kreatif secara optimal.
Kata kunci: fluida statis, keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran children learning in science (CLIS).
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics  | 
        
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika | 
| Depositing User: | Lelis Marsidah | 
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:49 | 
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:49 | 
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/362 | 
