PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

AFANDI, DIANE SRI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR TABEL.pdf] Text
9. DAFTAR TABEL.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (279kB)
[thumbnail of 11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 13. BAB 2.pdf] Text
13. BAB 2.pdf

Download (748kB)
[thumbnail of 14. BAB 3.pdf] Text
14. BAB 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB 4.pdf] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[thumbnail of 17. DAFTAR PUSAKA.pdf] Text
17. DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 18. LAMPIRAN.pdf] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 19. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan di MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya kepada pendidik dan peserta didik serta hasil tes uraian keterampilan berpikir kreatif yang menunjukkan kategori kurang kreatif. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran CLIS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain post-test only control group. Populasi penelitian mencakup seluruh kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya yang terdiri dari 5 kelas dengan total 153 peserta didik. Sampel penelitian dipilih melalui teknik cluster random sampling, yaitu kelas XI Saintek 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Saintek 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian (posttest) sebanyak 8 soal mencakup 4 indikator keterampilan berpikir kreatif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (normalitas dengan Chi-Square dan homogenitas dengan uji Fisher) serta uji hipotesis (uji-t) dengan taraf signifikansi � = 0,05. Berdasarkan uji prasyarat, diperoleh data berdistribusi normal dan kedua kelas memiliki varians yang homogen, sehingga pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh hasil �ℎ����� = 4,30 > ������ = 1,67 sehingga �� diterima. Kesimpulannya, pada taraf kepercayaan 95%, terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida statis di kelas XI Saintek MA Negeri 1 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Hal tersebut terjadi karena model pembelajaran CLIS menekankan pada keterlibatan aktif serta kolaboratif peserta didik melalui pengalaman langsung dan interaksi sosial, sehingga mereka dapat mengembangkan ide-ide dan menyampaikan gagasan dengan bahasa mereka sendiri, yang pada akhirnya dapat melatih keterampilan berpikir kreatif secara optimal.

Kata kunci: fluida statis, keterampilan berpikir kreatif, model pembelajaran children learning in science (CLIS).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:49
Last Modified: 29 Oct 2025 02:49
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item
View Item