RAMDANI, MOCHAMAD (2024) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, EFEK BANDWAGON DAN GAYA HIDUP HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA KLASTER EKONOMI UNIVERSITAS SILIWANGI PENGGUNA SHOPEE PAYLATER (Survei pada mahasiswa klaster Ekonomi Universitas Siliwangi pengguna Shopee Paylater). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (4MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (834kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (1MB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (631kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (5MB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (4MB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (4MB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (5MB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (4MB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
11. BAB I.pdf
Download (5MB)
12. BAB II.pdf
Download (5MB)
13. BAB III.pdf
Download (5MB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (4MB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
18. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat berbelanja pada e
commerce dengan berbagai pilihan pembayaran seperti paylater membuat banyak
masyarakat penasaran tidak terkecuali mahasiswa. Namun di sisi lain hal tersebut
mendorong mahasiswa untuk berperilaku konsumtif. Tujuan penelitian ini guna
mengetahui sejauh mana pengaruh dari literasi keuangan, efek bandwagon dan
gaya hidup hedonis terhadap perilaku kosnumtif mahasiswa Klaster Ekonomi
Universitas Siliwangi baik secara simultan ataupun parsial. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei dengan desain yaitu
survei eksplanatori. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Klaster
Ekonomi Universitas Siliwangi. Adapun teknik pengambilan sampel yang
digunakan yaitu probability sampling jenis purposive random sampling yang
berjumlah 152 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
kuesioner dan teknik analisis data menggunakan program SPSS versi 26. Adapun
hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh signifikan dari literasi
keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan nilai t hitung > t tabel (20,391 >
1,6892). 2) terdapat pengaruh signifikan dari efek bandwagon terhadap perilaku
konsumtif dengan nilai t hitung > t tabel (3,045 > 1,6892). 3) Terdapat pengaruh
signifikan dari gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif dengan nilai t
hitung > t tabel (3,293 > 1,6892). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat
pengaruh yang signifikan antara literasi keuangan, efek bandwagon dan gaya
hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Klaster Ekonomi
Universitas Siliwangi.
Kata Kunci: Efek Bandwagon, Gaya Hidup Hedonis, Literasi Keuangan,
Perilaku Konsumtif, Shopee Paylater
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:30 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:30 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/356 |
