PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

KOMARIAH, WIDI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 COVER.pdf] Text
01 COVER.pdf

Download (16kB)
[thumbnail of 02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 04 ABSTRAK.pdf] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 05 KATA PENGANTAR.pdf] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 07 DAFTAR ISI.pdf] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 08 DAFTAR TABEL.pdf] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 09 DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (687kB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 16 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of 17 LAMPIRAN.pdf] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 18 RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta
didik dalam mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 8 Tasikmalaya dimana
berdasarkan hasil tes studi pendahuluan yang telah dilakukan nilai rata-rata SAS
nya sebesar 43,2 dan belum mencapai KKM. Padahal hasil belajar kognitif
merupakan tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu, proses
pembelajaran membutuhkan model yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif
peserta didik salah satunya model Reading, Questioning, Answering (RQA).Tujuan
dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran
RQA berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi
pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan
menggunakan posttest only design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X
SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 11 kelas dengan jumlah
peserta didik 410 orang. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan
sampel kelas eksperimen (Kelas X-3) dan kontrol (Kelas X-2) dengan jumlah
sampel pada masing-masing kelas sebanyak 36 peserta didik. Pengukuran hasil
belajar kognitif dilakukan dengan cara memberikan tes berupa uraian sebanyak 6
butir soal pemanasan global. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji hipotesis dengan uji t (pada taraf signifikasi 5%). Hasil uji
hipotesis menunjukkan �ℎ����� = 4,2 > ������ = 1,67, sehingga diketahui bahwa

�� diterima dan �0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran RQA
berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata kunci: E-LKPD, hasil belajar kognitif, model RQA, pemanasan global.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 29 Oct 2025 02:05
Last Modified: 29 Oct 2025 02:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item
View Item