KOMARIAH, WIDI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING QUESTIONING ANSWERING (RQA) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 COVER.pdf
Download (16kB)
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (108kB)
03 LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (130kB)
04 ABSTRAK.pdf
Download (77kB)
05 KATA PENGANTAR.pdf
Download (122kB)
06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (79kB)
07 DAFTAR ISI.pdf
Download (42kB)
08 DAFTAR TABEL.pdf
Download (35kB)
09 DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (29kB)
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (40kB)
11 BAB 1.pdf
Download (117kB)
12 BAB 2.pdf
Download (392kB)
13 BAB 3.pdf
Download (687kB)
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (460kB)
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (151kB)
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta
didik dalam mata pelajaran fisika di kelas X SMAN 8 Tasikmalaya dimana
berdasarkan hasil tes studi pendahuluan yang telah dilakukan nilai rata-rata SAS
nya sebesar 43,2 dan belum mencapai KKM. Padahal hasil belajar kognitif
merupakan tolak ukur keberhasilan belajar peserta didik. Oleh karena itu, proses
pembelajaran membutuhkan model yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif
peserta didik salah satunya model Reading, Questioning, Answering (RQA).Tujuan
dalam penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran
RQA berbantuan E-LKPD terhadap hasil belajar kognitif peserta didik pada materi
pemanasan global. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan
menggunakan posttest only design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X
SMAN 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 11 kelas dengan jumlah
peserta didik 410 orang. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan
sampel kelas eksperimen (Kelas X-3) dan kontrol (Kelas X-2) dengan jumlah
sampel pada masing-masing kelas sebanyak 36 peserta didik. Pengukuran hasil
belajar kognitif dilakukan dengan cara memberikan tes berupa uraian sebanyak 6
butir soal pemanasan global. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, uji hipotesis dengan uji t (pada taraf signifikasi 5%). Hasil uji
hipotesis menunjukkan �ℎ����� = 4,2 > ������ = 1,67, sehingga diketahui bahwa
�
�� diterima dan �0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa model pembelajaran RQA
berbantuan E-LKPD dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik.
Kata kunci: E-LKPD, hasil belajar kognitif, model RQA, pemanasan global.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 02:05 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 02:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/346 |
