UTAMI, EVA SILVIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-MODUL PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN BANTUAN EXE LEARNING. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (3MB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (3MB)
3. SURAT KETERANGAN REVISI.pdf
Download (3MB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (3MB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (3MB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (3MB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (3MB)
8. BAB 1.pdf
Download (3MB)
9. BAB 2.pdf
Download (3MB)
10. BAB 3.pdf
Download (3MB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (3MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran e-modul
pada materi teorema Pythagoras dengan bantuan eXe learning, mengetahui respon siswa
setelah menggunakan media pembelajaran e-modul pada materi teorema Pythagoras
dengan bantuan eXe learning, serta mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan
media pembelajaran e-modul pada materi teorema Pythagoras dengan bantuan eXe
learning. Metode penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D)
dengan model pengembangan yang digunakan yaitu Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data yang dilakukan
yaitu wawancara semi terstruktur, kuesioner, dan tes hasil belajar. Intsrumen penelitian
yang digunakan yaitu lembar wawancara, kuesioner studi pendahuluan, angket kualitas
teknis, angket kualitas isi dan tujuan, angket kualitas instruksional dan angket instrumen
soal hasil belajar. Data penelitian ini diperoleh dari validator media, validator materi,
validator instrumen soal, dan siswa kelas IX B di SMP Negeri 1 Baregbeg. Penelitian ini
menghasilkan sebuah produk media pembelajaran electronic modul yang dikembangkan
menggunakan software eXe learning pada materi teorema Pythagoras yang dapat diakses
menggunakan smartphone, laptop dan komputer. Pengembangan electronic modul
dimulai dari tahap Analysis meliputi analisis kebutuhan peserta didik, analisis media, dan
analisis materi. Tahap Design meliputi membuat struktur navigasi, membuat diagram
alur (flowchart), membuat isi halaman, dan membuat rancangan materi pembelajaran.
Tahap Development meliputi membangun konten, validasi untuk dinyatakan layak
berdasarkan penilaian angket kualitas teknis oleh validator media dan penilaian angket
kualitas isi dan tujuan oleh validator materi, serta revisi formatif untuk memperbaiki
produk sebelum diimplementasikan. Selanjutnya tahap Implementation yaitu uji coba
kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tahap terakhir adalah Evaluation bertujuan
untuk menilai kualitas media yang dikembangkan. Siswa memberikan respon sangat baik
terhadap penggunaan electronic modul pada materi teorema Pythagoras baik pada saat
uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar. Hasil belajar siswa pada uji
coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dinyatakan siswa tuntas daya serap
individu, tuntas belajar klasikal dan tuntas daya serap klasikal dengan ketuntasan belajar
mencapai 92% dan daya serap klasikal sebesar 91%
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul, Teorema Pythagoras,
eXe Learning, R&D, ADDIE.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 01:16 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 01:16 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/328 |
