ADZIKRA, AFWA NABILA (2025) Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (83kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (76kB)
3. Surat Keterangan Revisi.pdf
Download (106kB)
4. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (87kB)
5. Abstrak.pdf
Download (62kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (84kB)
7. Ucapan Terimakasih.pdf
Download (13kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (32kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (34kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (27kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (21kB)
12. BAB 1.pdf
Download (98kB)
13. BAB 2.pdf
Download (270kB)
14. BAB 3.pdf
Download (358kB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (375kB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (153kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
19. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (21kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Model pembelajaran ARCS merupakan model pembelajaran yang berfokus pada empat komponen utama yaitu menarik perhatian (attention), menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa (relevance), membangun kepercayaan diri (confidence), dan memberikan rasa kepuasan (satisfaction). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only with Nonequivalent Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan IBM SPSS versi 22 menunjukkan nilai sig. (2-tailed) untuk kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0.01 dan nilai sig. (2-tailed) untuk self-efficacy sebesar 0.00 menunjukkan nilai signifikansi < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan pada rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy antara kelas yang menerapkan model ARCS dengan kelas yang menerapkan model NHT. Selain itu, hasil rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata skor kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa Sekolah Menengah Pertama dinyatakan efektif.
Kata kunci: Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 03:55 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 03:55 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3265 |
