Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama

ADZIKRA, AFWA NABILA (2025) Efektivitas Model Pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa Sekolah Menengah Pertama. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 3. Surat Keterangan Revisi.pdf] Text
3. Surat Keterangan Revisi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 4. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 7. Ucapan Terimakasih.pdf] Text
7. Ucapan Terimakasih.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 8. Daftar Isi.pdf] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (32kB)
[thumbnail of 9. Daftar Tabel.pdf] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 10. Daftar Gambar.pdf] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (27kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 12. BAB 1.pdf] Text
12. BAB 1.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 13. BAB 2.pdf] Text
13. BAB 2.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 14. BAB 3.pdf] Text
14. BAB 3.pdf

Download (358kB)
[thumbnail of 15. BAB 4.pdf] Text
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of 16. BAB 5.pdf] Text
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 19. Riwayat Hidup Penulis.pdf] Text
19. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Model pembelajaran ARCS merupakan model pembelajaran yang berfokus pada empat komponen utama yaitu menarik perhatian (attention), menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa (relevance), membangun kepercayaan diri (confidence), dan memberikan rasa kepuasan (satisfaction). Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only with Nonequivalent Groups Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 7 Tasikmalaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling, sampel pada penelitian ini adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen tes berupa soal essay dan angket self-efficacy. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggunakan IBM SPSS versi 22 menunjukkan nilai sig. (2-tailed) untuk kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0.01 dan nilai sig. (2-tailed) untuk self-efficacy sebesar 0.00 menunjukkan nilai signifikansi < 0.05 yang berarti terdapat perbedaan pada rata-rata skor kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy antara kelas yang menerapkan model ARCS dengan kelas yang menerapkan model NHT. Selain itu, hasil rata-rata skor tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan rata-rata skor kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran ARCS (Attention Relevance Confidence Satisfaction) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa Sekolah Menengah Pertama dinyatakan efektif.

Kata kunci: Model Pembelajaran ARCS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:55
Last Modified: 23 Dec 2025 03:55
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3265

Actions (login required)

View Item
View Item