AMALIA, AAM (2025) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (146kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (640kB)
3. Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf
Download (116kB)
4. Pernyataan Keaslian.pdf
Download (111kB)
5. Abstrak.pdf
Download (134kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (158kB)
7. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf
Download (214kB)
8. BAB 1.pdf
Download (265kB)
9. BAB 2.pdf
Download (613kB)
10. BAB 3.pdf
Download (457kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (555kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (156kB)
13. Daftar Pustaka.pdf
Download (211kB)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
15. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (103kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dan mengetahui persentase peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik secara keseluruhan dan berdasarkan gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen satu kelompok dengan menerapkan pembelajaran berdifrensiasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya dengan sampel yang digunakan satu kelas yaitu kelas VII-C sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian berupa angket tes diagnostik gaya belajar dan soal tes kemampuan koneksi matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial yang berupa perhitungan perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan posttest dengan rata-rata pretest 37,5 dan rata-rata posttest 81,5 serta dilakukan uji non-parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dan persentase peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik secara keseluruhan adalah 71%, pada gaya belajar auditori-visual 69%, dan pada gaya belajar auditori-kinestetik 73%.
Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Koneksi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 23 Dec 2025 03:48 |
| Last Modified: | 23 Dec 2025 03:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3263 |
