PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

AMALIA, AAM (2025) PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR (Penelitian terhadap Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (640kB)
[thumbnail of 3. Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf] Text
3. Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4. Pernyataan Keaslian.pdf] Text
4. Pernyataan Keaslian.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 5. Abstrak.pdf] Text
5. Abstrak.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 7. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf] Text
7. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (265kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[thumbnail of 13. Daftar Pustaka.pdf] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 14. Lampiran.pdf] Text
14. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 15. Riwayat Hidup Penulis.pdf] Text
15. Riwayat Hidup Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dan mengetahui persentase peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik secara keseluruhan dan berdasarkan gaya belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen satu kelompok dengan menerapkan pembelajaran berdifrensiasi. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 10 Tasikmalaya dengan sampel yang digunakan satu kelas yaitu kelas VII-C sebanyak 28 siswa. Instrumen penelitian berupa angket tes diagnostik gaya belajar dan soal tes kemampuan koneksi matematis berupa soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistika deskriptif dan statistika inferensial yang berupa perhitungan perbedaan rata-rata yang signifikan antara pretest dan posttest dengan rata-rata pretest 37,5 dan rata-rata posttest 81,5 serta dilakukan uji non-parametrik yaitu uji Wilcoxon dengan nilai signifikansi 0,000. Berdasarkan hasil analisis secara statistik diperoleh kesimpulan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis peserta didik pada materi bangun ruang sisi datar dan persentase peningkatan kemampuan koneksi matematis peserta didik secara keseluruhan adalah 71%, pada gaya belajar auditori-visual 69%, dan pada gaya belajar auditori-kinestetik 73%.

Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi, Kemampuan Koneksi Matematis, Bangun Ruang Sisi Datar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 23 Dec 2025 03:48
Last Modified: 23 Dec 2025 03:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3263

Actions (login required)

View Item
View Item