ILMANI, DIVA AULIA NUR (2025) TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING READING AT ELEMENTARY LEVEL. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (124kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (182kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (53kB)
4. MOTTO.pdf
Download (74kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (118kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (89kB)
7. PREFACE.pdf
Download (76kB)
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (145kB)
9. TABEL OF CONTENS.pdf
Download (155kB)
10. LIST OF TABLES.pdf
Download (94kB)
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (87kB)
12. CHAPTER I.pdf
Download (148kB)
13. CHAPTER II.pdf
Download (176kB)
14. CHAPTER III.pdf
Download (229kB)
15. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
16. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (120kB)
17. REFERENCES.pdf
Download (191kB)
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
19. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
Abstract
Pengajaran membaca di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membangun dasar literasi siswa dan membentuk kemampuan mereka dalam memahami teks secara mandiri. Strategi pengajaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa tidak hanya dalam mengenali kata, tetapi juga dalam membangun makna dari teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di sekolah dasar dalam mendukung pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kelas dengan melibatkan dua orang guru Bahasa Inggris sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik dari Braun dan Clarke. Penelitian ini mengacu pada Teori Sosiokultural Vygotsky untuk melihat bagaimana proses pengajaran membaca dimediasi melalui interaksi sosial dan dukungan dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti teknik scaffolding berupa membaca nyaring, memecah teks menjadi bagian-bagian kecil, menggunakan pertanyaan panduan, serta memanfaatkan media visual dan audio. Strategi-strategi tersebut membantu menjembatani pemahaman siswa dari ketergantungan menuju kemandirian. Seiring waktu, siswa mulai menunjukkan tanda-tanda internalisasi strategi, seperti menemukan ide pokok dan memahami informasi penting tanpa bantuan guru. Temuan ini menunjukkan bahwa pengajaran membaca di sekolah dasar merupakan proses dinamis yang melibatkan pelepasan tanggung jawab secara bertahap, di mana intervensi guru disesuaikan dengan tahap perkembangan dan kebutuhan belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi guru, pengajaran membaca, pemahaman membaca, siswa sekolah dasar
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 02:39 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 02:39 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3082 |
