TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING READING AT ELEMENTARY LEVEL

ILMANI, DIVA AULIA NUR (2025) TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING READING AT ELEMENTARY LEVEL. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (124kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 4. MOTTO.pdf] Text
4. MOTTO.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 7. PREFACE.pdf] Text
7. PREFACE.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of 9. TABEL OF CONTENS.pdf] Text
9. TABEL OF CONTENS.pdf

Download (155kB)
[thumbnail of 10. LIST OF TABLES.pdf] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 11. LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER I.pdf] Text
12. CHAPTER I.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER II.pdf] Text
13. CHAPTER II.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER III.pdf] Text
14. CHAPTER III.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 15. CHAPTER IV.pdf] Text
15. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[thumbnail of 16. CHAPTER V.pdf] Text
16. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[thumbnail of 17. REFERENCES.pdf] Text
17. REFERENCES.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 18. ENCLOSURES.pdf] Text
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 19. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
19. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Pengajaran membaca di tingkat sekolah dasar memiliki peran penting dalam membangun dasar literasi siswa dan membentuk kemampuan mereka dalam memahami teks secara mandiri. Strategi pengajaran yang efektif sangat dibutuhkan untuk membimbing siswa tidak hanya dalam mengenali kata, tetapi juga dalam membangun makna dari teks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan mendeskripsikan strategi yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di sekolah dasar dalam mendukung pembelajaran membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis kelas dengan melibatkan dua orang guru Bahasa Inggris sebagai partisipan. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan metode analisis tematik dari Braun dan Clarke. Penelitian ini mengacu pada Teori Sosiokultural Vygotsky untuk melihat bagaimana proses pengajaran membaca dimediasi melalui interaksi sosial dan dukungan dari guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan berbagai strategi seperti teknik scaffolding berupa membaca nyaring, memecah teks menjadi bagian-bagian kecil, menggunakan pertanyaan panduan, serta memanfaatkan media visual dan audio. Strategi-strategi tersebut membantu menjembatani pemahaman siswa dari ketergantungan menuju kemandirian. Seiring waktu, siswa mulai menunjukkan tanda-tanda internalisasi strategi, seperti menemukan ide pokok dan memahami informasi penting tanpa bantuan guru. Temuan ini menunjukkan bahwa pengajaran membaca di sekolah dasar merupakan proses dinamis yang melibatkan pelepasan tanggung jawab secara bertahap, di mana intervensi guru disesuaikan dengan tahap perkembangan dan kebutuhan belajar siswa.

Kata Kunci: Strategi guru, pengajaran membaca, pemahaman membaca, siswa sekolah dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 19 Dec 2025 02:39
Last Modified: 19 Dec 2025 02:39
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3082

Actions (login required)

View Item
View Item