ALHAMDANIYAH, AMANDA (2025) INVESTIGATING TEACHER’S VOICE USING QUIZIZZ AS FORMATIVE ASSESSMENT IN THE EFL CLASSROOM: A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (218kB)
2. Approval sheet dan lembar pernyataan Ama.pdf
Download (658kB)
3. ABSTRAK.pdf
Download (249kB)
4. PREFACE.pdf
Download (142kB)
5. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (226kB)
6. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (226kB)
7. CHAPTER 1.pdf
Download (179kB)
8. CHAPTER 2.pdf
Download (383kB)
9. CHAPTER 3.pdf
Download (330kB)
10. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (334kB)
11. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (162kB)
12. REFERENCES.pdf
Download (222kB)
13. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Meskipun penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat, sudut pandang guru masih jarang diteliti, karena sebagian besar penelitian cenderung berfokus pada persepsi siswa saja. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengalaman dan pandangan seorang guru mengenai penggunaan Quizizz untuk penilaian formatif dalam praktik mengajarnya sehari-hari. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap seorang guru bahasa Inggris perempuan berusia 44 tahun yang telah mengajar selama 16 tahun di sebuah SMA di Singaparna, Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan metode tematik dari Braun dan Clarke (2006), yang menghasilkan lima tema utama: (1) Peran Quizizz dalam meningkatkan keterlibatan siswa, (2) Memicu motivasi belajar dan pengembangan pemahaman siswa, (3) Efektivitasnya sebagai alat penilaian formatif (4) Tantangan penerapannya, serta (5) Harapan untuk penyempurnaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meski terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat dan masalah koneksi internet, Quizizz tetap memberikan manfaat penting sebagai alat penilaian formatif. Aplikasi ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, memberikan umpan balik secara langsung, dan memperbaiki hasil pembelajaran, terutama dalam penguasaan kosakata dan tata bahasa. Penelitian ini menyajikan pengamatan yang bermanfaat bagi para guru EFL yang ingin mengintegrasikan alat penilaian digital dalam kegiatan mengajar mereka.
Kata kunci: Kelas EFL, Penilaian Formatif, Perspektif Guru, Quizizz
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 19 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 19 Dec 2025 01:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3072 |
