INVESTIGATING TEACHER’S VOICE USING QUIZIZZ AS FORMATIVE ASSESSMENT IN THE EFL CLASSROOM: A CASE STUDY

ALHAMDANIYAH, AMANDA (2025) INVESTIGATING TEACHER’S VOICE USING QUIZIZZ AS FORMATIVE ASSESSMENT IN THE EFL CLASSROOM: A CASE STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 2. Approval sheet dan lembar pernyataan Ama.pdf] Text
2. Approval sheet dan lembar pernyataan Ama.pdf

Download (658kB)
[thumbnail of 3. ABSTRAK.pdf] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (249kB)
[thumbnail of 4. PREFACE.pdf] Text
4. PREFACE.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 5. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
5. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 6. TABLE OF CONTENT.pdf] Text
6. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of 7. CHAPTER 1.pdf] Text
7. CHAPTER 1.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 8. CHAPTER 2.pdf] Text
8. CHAPTER 2.pdf

Download (383kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 3.pdf] Text
9. CHAPTER 3.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 4.pdf] Text
10. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 5.pdf] Text
11. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[thumbnail of 12. REFERENCES.pdf] Text
12. REFERENCES.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 13. ENCLOSURES.pdf] Text
13. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Meskipun penggunaan teknologi dalam dunia pendidikan semakin meningkat, sudut pandang guru masih jarang diteliti, karena sebagian besar penelitian cenderung berfokus pada persepsi siswa saja. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengalaman dan pandangan seorang guru mengenai penggunaan Quizizz untuk penilaian formatif dalam praktik mengajarnya sehari-hari. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara semi-terstruktur terhadap seorang guru bahasa Inggris perempuan berusia 44 tahun yang telah mengajar selama 16 tahun di sebuah SMA di Singaparna, Tasikmalaya. Data dianalisis menggunakan metode tematik dari Braun dan Clarke (2006), yang menghasilkan lima tema utama: (1) Peran Quizizz dalam meningkatkan keterlibatan siswa, (2) Memicu motivasi belajar dan pengembangan pemahaman siswa, (3) Efektivitasnya sebagai alat penilaian formatif (4) Tantangan penerapannya, serta (5) Harapan untuk penyempurnaan sistem. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meski terdapat kendala seperti keterbatasan perangkat dan masalah koneksi internet, Quizizz tetap memberikan manfaat penting sebagai alat penilaian formatif. Aplikasi ini mampu meningkatkan semangat belajar siswa, memberikan umpan balik secara langsung, dan memperbaiki hasil pembelajaran, terutama dalam penguasaan kosakata dan tata bahasa. Penelitian ini menyajikan pengamatan yang bermanfaat bagi para guru EFL yang ingin mengintegrasikan alat penilaian digital dalam kegiatan mengajar mereka.

Kata kunci: Kelas EFL, Penilaian Formatif, Perspektif Guru, Quizizz

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 19 Dec 2025 01:57
Last Modified: 19 Dec 2025 01:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/3072

Actions (login required)

View Item
View Item