NADYMA, NAZLA (2025) INVESTIGATING TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING WRITING SKILL IN AN EFL CLASSROOM: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover.pdf
Download (198kB)
02 Approval Sheet.pdf
Download (381kB)
03 The Examiners Page.pdf
Download (302kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (315kB)
05 Abstrak.pdf
Download (230kB)
06 Abstract.pdf
Download (122kB)
07 Preface.pdf
Download (116kB)
08 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (123kB)
09 List of Tables.pdf
Download (313kB)
10 List of Tables.pdf
Download (5kB)
11 List of Pigures.pdf
Download (4kB)
12 List of Enclosures.pdf
Download (5kB)
13 Chapter 1.pdf
Download (136kB)
14 Chapter 2.pdf
Download (481kB)
15 Chapter 3.pdf
Download (327kB)
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (127kB)
18 References.pdf
Download (260kB)
19 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian kualitatif ini untuk memeriksa strategi mengajar apa saja yang diimplementasikan guru dalam mengajar keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa terutama menulis paragraf-paragraf dalam konteks menyusun Teks Cerita Ulang atau Teks Rekon di kelas EFL (Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing). Peneliti melakukan studi kasus deskriptif dengan melibatkan 2 orang guru bahasa Inggris di satu SMP sebagai partisipan. Partisipan-partisipan ini direkrut berdasarkan kriteria partisipan yang telah ditentukan oleh peneliti meliputi pendidikan dan pengalaman mengajar. Mereka telah direkrut untuk melihat wawasan yang lebih mendalam mengenai strategi pengajaran guru dalam mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa. Data dikumpulkan dari hasil wawancara semi-terstruktur dan observasi yang kemudian dianalisis secara tematik untuk mengungkapkan strategi apa saja yang diterapkan oleh guru. Dengan mengadopsi kerangka kerja Graham dan Perin (2007) tentang elemen elemen keterampilan menulis sebagai parameter penelitian, temuan penelitian ini sepakat bahwa ada lima strategi utama dalam mengajarkan keterampilan menulis seperti: pendekatan menulis berdasarkan proses; pengajaran keterampilan, proses, dan pengetahuan secara eksplisit; perancah penulisan siswa; cara-cara alternatif dalam mengarang; dan latihan menulis tambahan. Temuan-temuan tersebut menyiratkan bahwa mengelola pengajaran kemampuan menulis melalui strategi-strategi ini khususnya dalam aktivitas berorientasi proses membantu siswa menjadi penulis yang lebih mandiri dan percaya diri. Strategi-strategi yang diterapkan disepakati sebagai proses yang berwawasan dan bertanggung jawab atas kebutuhan pengajaran dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang siswa dan kemahiran bahasa Inggris umum di kelas kelas EFL. Berdasarkan batasan penelitian, peneliti menyarankan bahwa penelitian ini perlu menyelidiki konsekuensi jangka panjang dari strategi pengajaran ini terhadap pertumbuhan menulis siswa dan menggabungkan ukuran sampel yang lebih besar atau konteks lingkungan pendidikan yang berbeda.
Kata kunci: Strategi mengajar, mengajar kemampuan menulis, Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 18 Dec 2025 01:38 |
| Last Modified: | 18 Dec 2025 01:38 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2983 |
