INVESTIGATING TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING WRITING SKILL IN AN EFL CLASSROOM: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL

NADYMA, NAZLA (2025) INVESTIGATING TEACHERS’ TEACHING STRATEGIES IN TEACHING WRITING SKILL IN AN EFL CLASSROOM: A CASE STUDY IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of 03 The Examiners Page.pdf] Text
03 The Examiners Page.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 08 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
08 ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 09 List of Tables.pdf] Text
09 List of Tables.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 11 List of Pigures.pdf] Text
11 List of Pigures.pdf

Download (4kB)
[thumbnail of 12 List of Enclosures.pdf] Text
12 List of Enclosures.pdf

Download (5kB)
[thumbnail of 13 Chapter 1.pdf] Text
13 Chapter 1.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 14 Chapter 2.pdf] Text
14 Chapter 2.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of 15 Chapter 3.pdf] Text
15 Chapter 3.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 16 Chapter 4.pdf] Text
16 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 17 Chapter 5.pdf] Text
17 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[thumbnail of 18 References.pdf] Text
18 References.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 19 Enclosures.pdf] Text
19 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian kualitatif ini untuk memeriksa strategi mengajar apa saja yang diimplementasikan guru dalam mengajar keterampilan menulis Bahasa Inggris siswa terutama menulis paragraf-paragraf dalam konteks menyusun Teks Cerita Ulang atau Teks Rekon di kelas EFL (Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing). Peneliti melakukan studi kasus deskriptif dengan melibatkan 2 orang guru bahasa Inggris di satu SMP sebagai partisipan. Partisipan-partisipan ini direkrut berdasarkan kriteria partisipan yang telah ditentukan oleh peneliti meliputi pendidikan dan pengalaman mengajar. Mereka telah direkrut untuk melihat wawasan yang lebih mendalam mengenai strategi pengajaran guru dalam mengajarkan keterampilan menulis kepada siswa. Data dikumpulkan dari hasil wawancara semi-terstruktur dan observasi yang kemudian dianalisis secara tematik untuk mengungkapkan strategi apa saja yang diterapkan oleh guru. Dengan mengadopsi kerangka kerja Graham dan Perin (2007) tentang elemen elemen keterampilan menulis sebagai parameter penelitian, temuan penelitian ini sepakat bahwa ada lima strategi utama dalam mengajarkan keterampilan menulis seperti: pendekatan menulis berdasarkan proses; pengajaran keterampilan, proses, dan pengetahuan secara eksplisit; perancah penulisan siswa; cara-cara alternatif dalam mengarang; dan latihan menulis tambahan. Temuan-temuan tersebut menyiratkan bahwa mengelola pengajaran kemampuan menulis melalui strategi-strategi ini khususnya dalam aktivitas berorientasi proses membantu siswa menjadi penulis yang lebih mandiri dan percaya diri. Strategi-strategi yang diterapkan disepakati sebagai proses yang berwawasan dan bertanggung jawab atas kebutuhan pengajaran dan pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita ulang siswa dan kemahiran bahasa Inggris umum di kelas kelas EFL. Berdasarkan batasan penelitian, peneliti menyarankan bahwa penelitian ini perlu menyelidiki konsekuensi jangka panjang dari strategi pengajaran ini terhadap pertumbuhan menulis siswa dan menggabungkan ukuran sampel yang lebih besar atau konteks lingkungan pendidikan yang berbeda.

Kata kunci: Strategi mengajar, mengajar kemampuan menulis, Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 18 Dec 2025 01:38
Last Modified: 18 Dec 2025 01:38
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2983

Actions (login required)

View Item
View Item