RIHAADATUL ‘AISY, RIHAADATUL ‘AISY (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SPEED READING AND THEIR READING COMPREHENSION LEVEL OF SECOND GRADE AT THE DEPARTMENT OF ENGLISH EDUCATION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
01 Cover_Aisy.pdf
Download (142kB)
02 Approval Sheet_Aisy.pdf
Download (132kB)
03 Approval Sheet of the examiners.pdf
Download (160kB)
04 Lembar Pernyataan.pdf
Download (153kB)
05 Personal Page (Motto).pdf
Download (133kB)
06 Abstrak_Aisy.pdf
Download (169kB)
07 Abstract_Aisy.pdf
Download (113kB)
08 Preface.pdf
Download (134kB)
09 Acknowledgments_Aisy.pdf
Download (162kB)
10 Table of Contents_Aisy.pdf
Download (153kB)
11 List of Tables_Aisy.pdf
Download (94kB)
12 List of Figures_Aisy.pdf
Download (84kB)
13 List of Enclosures_Aisy.pdf
Download (92kB)
14 Chapter 1 Introduction_Aisy.pdf
Download (171kB)
15 Chapter 2 Literature Review_Aisy.pdf
Download (242kB)
16 Chapter 3 Research Procedures_Aisy.pdf
Download (298kB)
17 Chapter 4 Research Results and Discussion_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
18 Chapter 5 Clonclusion and Suggestions_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (146kB)
19 References_Aisy.pdf
Download (220kB)
20 Enclosures_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
21 Curriculum Vitae_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (167kB)
Abstract
Kecepatan membaca berdampak langsung pada tingkat pemahaman, di mana membaca dengan cepat sering dikaitkan dengan pemahaman yang lebih baik. Namun, di Indonesia, banyak siswa yang memiliki tingkat pemahaman bacaan yang rendah. Salah satu faktornya yaitu mereka tidak mengetahui bahwa kecepatan membaca dapat meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Hal ini menarik untuk diamati, karena keterampilan membaca yang buruk dapat menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara kecepatan membaca siswa dan pemahaman bacaan mereka pada mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 139 mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2023, sampel sebanyak 35 siswa dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan dua tes yaitu tes kecepatan membaca dan tes pemahaman bacaan berupa pilihan ganda. Setelah menganalisis data menggunakan perhitungan statistik dengan rumus Pearson Product-Moment, hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p-value) adalah 0,013, yang lebih rendah dari 0,05. Nilai korelasi Pearson sebesar 0,416 lebih tinggi dari nilai r-table = 0,334. Hasil ini signifikan (r-observed = 0,416 > r-table 0,334; p-value = 0,013 < 0,05), menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecepatan membaca siswa dan pemahaman membaca mereka, dan arah korelasi tersebut positif, artinya semakin tinggi kecepatan membaca siswa, semakin baik tingkat pemahaman membaca mereka. Guru disarankan untuk melatih kecepatan membaca siswa karena hal ini secara langsung terkait dengan pemahaman membaca mereka.
Kata kunci: Kecepatan membaca siswa, level pemahaman bacaan, WPM (kata per menit)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 04:41 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 04:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2930 |
