THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SPEED READING AND THEIR READING COMPREHENSION LEVEL OF SECOND GRADE AT THE DEPARTMENT OF ENGLISH EDUCATION

RIHAADATUL ‘AISY, RIHAADATUL ‘AISY (2025) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ SPEED READING AND THEIR READING COMPREHENSION LEVEL OF SECOND GRADE AT THE DEPARTMENT OF ENGLISH EDUCATION. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover_Aisy.pdf] Text
01 Cover_Aisy.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet_Aisy.pdf] Text
02 Approval Sheet_Aisy.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet of the examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet of the examiners.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 05 Personal Page (Motto).pdf] Text
05 Personal Page (Motto).pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 06 Abstrak_Aisy.pdf] Text
06 Abstrak_Aisy.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 07 Abstract_Aisy.pdf] Text
07 Abstract_Aisy.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 08 Preface.pdf] Text
08 Preface.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 09 Acknowledgments_Aisy.pdf] Text
09 Acknowledgments_Aisy.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of 10 Table of Contents_Aisy.pdf] Text
10 Table of Contents_Aisy.pdf

Download (153kB)
[thumbnail of 11 List of Tables_Aisy.pdf] Text
11 List of Tables_Aisy.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 12 List of Figures_Aisy.pdf] Text
12 List of Figures_Aisy.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 13 List of Enclosures_Aisy.pdf] Text
13 List of Enclosures_Aisy.pdf

Download (92kB)
[thumbnail of 14 Chapter 1 Introduction_Aisy.pdf] Text
14 Chapter 1 Introduction_Aisy.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 15 Chapter 2 Literature Review_Aisy.pdf] Text
15 Chapter 2 Literature Review_Aisy.pdf

Download (242kB)
[thumbnail of 16 Chapter 3 Research Procedures_Aisy.pdf] Text
16 Chapter 3 Research Procedures_Aisy.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of 17 Chapter 4 Research Results and Discussion_Aisy.pdf] Text
17 Chapter 4 Research Results and Discussion_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[thumbnail of 18 Chapter 5 Clonclusion and Suggestions_Aisy.pdf] Text
18 Chapter 5 Clonclusion and Suggestions_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[thumbnail of 19 References_Aisy.pdf] Text
19 References_Aisy.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 20 Enclosures_Aisy.pdf] Text
20 Enclosures_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 21 Curriculum Vitae_Aisy.pdf] Text
21 Curriculum Vitae_Aisy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Kecepatan membaca berdampak langsung pada tingkat pemahaman, di mana membaca dengan cepat sering dikaitkan dengan pemahaman yang lebih baik. Namun, di Indonesia, banyak siswa yang memiliki tingkat pemahaman bacaan yang rendah. Salah satu faktornya yaitu mereka tidak mengetahui bahwa kecepatan membaca dapat meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Hal ini menarik untuk diamati, karena keterampilan membaca yang buruk dapat menghambat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara kecepatan membaca siswa dan pemahaman bacaan mereka pada mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 139 mahasiswa tingkat dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2023, sampel sebanyak 35 siswa dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan dua tes yaitu tes kecepatan membaca dan tes pemahaman bacaan berupa pilihan ganda. Setelah menganalisis data menggunakan perhitungan statistik dengan rumus Pearson Product-Moment, hasilnya menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p-value) adalah 0,013, yang lebih rendah dari 0,05. Nilai korelasi Pearson sebesar 0,416 lebih tinggi dari nilai r-table = 0,334. Hasil ini signifikan (r-observed = 0,416 > r-table 0,334; p-value = 0,013 < 0,05), menolak hipotesis nol (Ho) dan menerima hipotesis alternatif (Ha). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara kecepatan membaca siswa dan pemahaman membaca mereka, dan arah korelasi tersebut positif, artinya semakin tinggi kecepatan membaca siswa, semakin baik tingkat pemahaman membaca mereka. Guru disarankan untuk melatih kecepatan membaca siswa karena hal ini secara langsung terkait dengan pemahaman membaca mereka.

Kata kunci: Kecepatan membaca siswa, level pemahaman bacaan, WPM (kata per menit)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 04:41
Last Modified: 17 Dec 2025 04:41
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2930

Actions (login required)

View Item
View Item