SYAH, RAKHA FERDINAND (2025) THE CORRELATION BETWEEN PARTICIPATION IN KAMPUS MENGAJAR PROGRAM AND ENGLISH STUDENT-TEACHERS’ UNDERSTANDING OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (243kB)
2. approval sheet.pdf
Download (97kB)
3. approval sheet.pdf
Download (81kB)
4. pernyataan.pdf
Download (85kB)
5. absrtact.pdf
Download (130kB)
6. PREFACE.pdf
Download (114kB)
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (130kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (219kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (251kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (296kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (326kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (298kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (294kB)
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (700kB)
17. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (18kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi dalam Program Kampus Mengajar dan pemahaman Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi yang mengikuti Program Kampus Mengajar angkatan 6 dan 7. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert tertutup. Hasil statistik deskriptif menunjukkan rata-rata skor partisipasi sebesar 62,47 (SD = 6,929) dan pemahaman PCK sebesar 60,97 (SD = 6,762), masing-masing dengan standar deviasi sekitar 11,1% dari nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan adanya variasi yang sedang dan konsisten antar responden. Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), yang menandakan terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi partisipasi mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar, semakin baik pemahaman mereka terhadap PCK.
Kata kunci: Kampus Mengajar, Pedagogical Content Knowledge, Korelasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:57 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:57 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2882 |
