THE CORRELATION BETWEEN PARTICIPATION IN KAMPUS MENGAJAR PROGRAM AND ENGLISH STUDENT-TEACHERS’ UNDERSTANDING OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE

SYAH, RAKHA FERDINAND (2025) THE CORRELATION BETWEEN PARTICIPATION IN KAMPUS MENGAJAR PROGRAM AND ENGLISH STUDENT-TEACHERS’ UNDERSTANDING OF PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 2. approval sheet.pdf] Text
2. approval sheet.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 3. approval sheet.pdf] Text
3. approval sheet.pdf

Download (81kB)
[thumbnail of 4. pernyataan.pdf] Text
4. pernyataan.pdf

Download (85kB)
[thumbnail of 5. absrtact.pdf] Text
5. absrtact.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 6. PREFACE.pdf] Text
6. PREFACE.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (219kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 16. ENCLOSURES.pdf] Text
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[thumbnail of 17. CURRICULUM VITAE.pdf] Text
17. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara partisipasi dalam Program Kampus Mengajar dan pemahaman Pedagogical Content Knowledge (PCK) mahasiswa calon guru Bahasa Inggris. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Sampel terdiri dari 34 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Siliwangi yang mengikuti Program Kampus Mengajar angkatan 6 dan 7. Instrumen penelitian berupa angket skala Likert tertutup. Hasil statistik deskriptif menunjukkan rata-rata skor partisipasi sebesar 62,47 (SD = 6,929) dan pemahaman PCK sebesar 60,97 (SD = 6,762), masing-masing dengan standar deviasi sekitar 11,1% dari nilai rata-rata. Hal ini menunjukkan adanya variasi yang sedang dan konsisten antar responden. Uji korelasi Pearson menunjukkan nilai signifikansi 0.000 (< 0.05), yang menandakan terdapat hubungan signifikan antara kedua variabel. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Temuan ini menunjukkan bahwa semakin tinggi partisipasi mahasiswa dalam Program Kampus Mengajar, semakin baik pemahaman mereka terhadap PCK.

Kata kunci: Kampus Mengajar, Pedagogical Content Knowledge, Korelasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 17 Dec 2025 01:57
Last Modified: 17 Dec 2025 01:57
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2882

Actions (login required)

View Item
View Item