NADA, SHOFIATUN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. Cover.pdf
Download (36kB)
2. Lembar Pengesahan.pdf
Download (160kB)
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf
Download (157kB)
4. Abstrak.pdf
Download (74kB)
5. Abstrack.pdf
Download (70kB)
6. Kata Pengantar.pdf
Download (89kB)
7. Ucapan Terima Kasih.pdf
Download (89kB)
8. Daftar Isi.pdf
Download (72kB)
9. Daftar Tabel.pdf
Download (31kB)
10. Daftar Gambar.pdf
Download (35kB)
11. Daftar Lampiran.pdf
Download (31kB)
12. BAB I.pdf
Download (101kB)
13. BAB II.pdf
Download (466kB)
14. BAB III.pdf
Download (1MB)
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9kB)
17. Daftar Pustaka.pdf
Download (166kB)
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (20kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
RICOSRE berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan desain
penelitian the non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada
sampel ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna yang
berjumlah 8 kelas, dengan sampel yang digunakannya sebanyak 3 kelas. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 8
sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol positif, dan
kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 12 butir soal. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA (Analysis of Covariance)
dengan taraf signifikasi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian
hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05, artinya terdapat pengaruh model
RICOSRE berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik. Hasil uji lanjutan dengan uji Least Significant Difference (LSD) diperoleh
bahwa terdapat perbedaan diantara ketiga kelas dengan nilai rata-rata terkoreksi di
kelas eksperimen sebesar 74,19 lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran RICOSRE berbantu fishbone diagram berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi manusia.
Kata Kunci: RICOSRE, Fishbone Diagram, Kemampuan Berpikir Kritis,
Sistem Respirasi Manusia
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 04:17 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 04:17 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/273 |
