PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024)

NADA, SHOFIATUN (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE BERBANTU FISHBONE DIAGRAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI (Studi Eksperimen di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2. Lembar Pengesahan.pdf] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
3. Lembar Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4. Abstrak.pdf] Text
4. Abstrak.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 5. Abstrack.pdf] Text
5. Abstrack.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 6. Kata Pengantar.pdf] Text
6. Kata Pengantar.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 7. Ucapan Terima Kasih.pdf] Text
7. Ucapan Terima Kasih.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8. Daftar Isi.pdf] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 9. Daftar Tabel.pdf] Text
9. Daftar Tabel.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 10. Daftar Gambar.pdf] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of 11. Daftar Lampiran.pdf] Text
11. Daftar Lampiran.pdf

Download (31kB)
[thumbnail of 12. BAB I.pdf] Text
12. BAB I.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 13. BAB II.pdf] Text
13. BAB II.pdf

Download (466kB)
[thumbnail of 14. BAB III.pdf] Text
14. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 15. BAB IV.pdf] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[thumbnail of 16. BAB V.pdf] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[thumbnail of 17. Daftar Pustaka.pdf] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 18. Lampiran.pdf] Text
18. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 19. Daftar Riwayat Hidup.pdf] Text
19. Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
RICOSRE berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi experiment dengan desain
penelitian the non-equivalent pretest-posttest control group design. Populasi pada
sampel ini adalah seluruh kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Singaparna yang
berjumlah 8 kelas, dengan sampel yang digunakannya sebanyak 3 kelas. Sampel
diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh kelas XI MIPA 8
sebagai kelas eksperimen, kelas XI MIPA 7 sebagai kelas kontrol positif, dan
kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol negatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu tes kemampuan berpikir kritis sebanyak 12 butir soal. Teknik
analisis data yang digunakan adalah Uji ANCOVA (Analysis of Covariance)
dengan taraf signifikasi α=0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian
hipotesis diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05, artinya terdapat pengaruh model
RICOSRE berbantu fishbone diagram terhadap kemampuan berpikir kritis peserta
didik. Hasil uji lanjutan dengan uji Least Significant Difference (LSD) diperoleh
bahwa terdapat perbedaan diantara ketiga kelas dengan nilai rata-rata terkoreksi di
kelas eksperimen sebesar 74,19 lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran RICOSRE berbantu fishbone diagram berpengaruh terhadap
kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem respirasi manusia.
Kata Kunci: RICOSRE, Fishbone Diagram, Kemampuan Berpikir Kritis,
Sistem Respirasi Manusia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 28 Oct 2025 04:17
Last Modified: 28 Oct 2025 04:17
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/273

Actions (login required)

View Item
View Item