PUJIANI, SILVA (2025) EXPLORING THE ROLE OF PARENTS IN ENCOURAGING STUDENTS' COGNITIVE ENGAGEMENT IN ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (192kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (384kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (228kB)
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf
Download (178kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (210kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (117kB)
7. PREFACE.pdf
Download (192kB)
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (216kB)
9. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (184kB)
10. LIST OF TABLES.pdf
Download (152kB)
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (196kB)
12. CHAPTER I.pdf
Download (212kB)
13. CHAPTER II.pdf
Download (188kB)
14. CHAPTER III.pdf
Download (271kB)
15. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
16. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (202kB)
17. REFENCES.pdf
Download (199kB)
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
19. CURRUCULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (219kB)
Abstract
Dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, bahasa Inggris dipelajari mulai dari sekolah dasar. Keterlibatan kognitif merupakan hal penting bagi keberhasilan siswa dalam proses pembelajarannya. Keterlibatan kognitif tidak dapat muncul dengan sendirinya, peran orang tua merupakan faktor penting dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor peran orang tua dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik studi kasus deskriptif. Peserta penelitian terdiri dari tiga orang tua siswa sekolah dasar di Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur. Analisis data menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke (2022). Hasil penelitian menunjukan peserta penelitian berperan penting dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu 1) memotivasi siswa, dengan cara meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar bahasa Inggris dan menetapkan tujuan belajar, serta memberikan motivasi seperti memberikan kata-kata penyemangat, pujian, dan penghargaan; 2) mengajar dan membimbing siswa, termasuk menemani dan mengajarkan siswa belajar bahasa Inggris di rumah, membantu siswa mengatasi kesulitan, memperkenalkan bahasa Inggris melalui kegiatan metakognitif, dan memberikan strategi belajar yang menyenangkan; 3) memfasilitasi siswa, termasuk memfasilitasi materi dan alat belajar bahasa Inggris dari yang konvensional hingga modern; serta memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris tambahan, seperti menyediakan guru privat di rumah serta mendaftarkan siswa ke dalam ekstrakurikuler English Club dan kursus bahasa Inggris. Dengan demikian, orang tua siswa dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai pedoman dan referensi untuk membantu siswa berhasil dalam belajar bahasa Inggris di sekolah dan untuk menumbuhkan kemampuan bahasa Inggris yang kuat untuk masa depan mereka. Selain itu, temuan penelitian ini dapat menjadi saran bagi para guru untuk menjaga komunikasi dengan orang tua siswa dengan berbagi informasi terkait contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang tua dengan siswa di rumah.
Kata kunci: Peran orang tua, keterlibatan kognitif siswa, pembelajaran bahasa Inggris.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 08:31 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 08:31 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2715 |
