EXPLORING THE ROLE OF PARENTS IN ENCOURAGING STUDENTS' COGNITIVE ENGAGEMENT IN ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS

PUJIANI, SILVA (2025) EXPLORING THE ROLE OF PARENTS IN ENCOURAGING STUDENTS' COGNITIVE ENGAGEMENT IN ENGLISH LEARNING: A CASE STUDY OF PRIMARY SCHOOL STUDENTS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (384kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf] Text
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf

Download (178kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 7. PREFACE.pdf] Text
7. PREFACE.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of 9. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of 10. LIST OF TABLES.pdf] Text
10. LIST OF TABLES.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 11. LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
11. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER I.pdf] Text
12. CHAPTER I.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER II.pdf] Text
13. CHAPTER II.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER III.pdf] Text
14. CHAPTER III.pdf

Download (271kB)
[thumbnail of 15. CHAPTER IV.pdf] Text
15. CHAPTER IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[thumbnail of 16. CHAPTER V.pdf] Text
16. CHAPTER V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[thumbnail of 17. REFENCES.pdf] Text
17. REFENCES.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 18. ENCLOSURES.pdf] Text
18. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 19. CURRUCULUM VITAE.pdf] Text
19. CURRUCULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)

Abstract

Dalam kurikulum pendidikan di Indonesia, bahasa Inggris dipelajari mulai dari sekolah dasar. Keterlibatan kognitif merupakan hal penting bagi keberhasilan siswa dalam proses pembelajarannya. Keterlibatan kognitif tidak dapat muncul dengan sendirinya, peran orang tua merupakan faktor penting dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor peran orang tua dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian menggunakan studi kasus dengan teknik studi kasus deskriptif. Peserta penelitian terdiri dari tiga orang tua siswa sekolah dasar di Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur. Analisis data menggunakan analisis tematik Braun dan Clarke (2022). Hasil penelitian menunjukan peserta penelitian berperan penting dalam mendorong keterlibatan kognitif siswa sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu 1) memotivasi siswa, dengan cara meningkatkan kesadaran akan pentingnya belajar bahasa Inggris dan menetapkan tujuan belajar, serta memberikan motivasi seperti memberikan kata-kata penyemangat, pujian, dan penghargaan; 2) mengajar dan membimbing siswa, termasuk menemani dan mengajarkan siswa belajar bahasa Inggris di rumah, membantu siswa mengatasi kesulitan, memperkenalkan bahasa Inggris melalui kegiatan metakognitif, dan memberikan strategi belajar yang menyenangkan; 3) memfasilitasi siswa, termasuk memfasilitasi materi dan alat belajar bahasa Inggris dari yang konvensional hingga modern; serta memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris tambahan, seperti menyediakan guru privat di rumah serta mendaftarkan siswa ke dalam ekstrakurikuler English Club dan kursus bahasa Inggris. Dengan demikian, orang tua siswa dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai pedoman dan referensi untuk membantu siswa berhasil dalam belajar bahasa Inggris di sekolah dan untuk menumbuhkan kemampuan bahasa Inggris yang kuat untuk masa depan mereka. Selain itu, temuan penelitian ini dapat menjadi saran bagi para guru untuk menjaga komunikasi dengan orang tua siswa dengan berbagi informasi terkait contoh kegiatan yang dapat dilakukan oleh orang tua dengan siswa di rumah.

Kata kunci: Peran orang tua, keterlibatan kognitif siswa, pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 08:31
Last Modified: 12 Dec 2025 08:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2715

Actions (login required)

View Item
View Item