PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP TUNTUTAN ADMINISTRASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 9 TASIKMALAYA

PIRMANSAH, MUHAMAD ARUL (2025) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP TUNTUTAN ADMINISTRASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 9 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1.cover.pdf] Text
1.cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. pengesahan.pdf] Text
2. pengesahan.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 3. penguji.pdf] Text
3. penguji.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of 4. pernyataan.pdf] Text
4. pernyataan.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 5. motto.pdf] Text
5. motto.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of 6. abstrak.pdf] Text
6. abstrak.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 7. kata pengantar.pdf] Text
7. kata pengantar.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 8. ucapan terimakasih.pdf] Text
8. ucapan terimakasih.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of 9. daftar isi.pdf] Text
9. daftar isi.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 10. bab 1.pdf] Text
10. bab 1.pdf

Download (95kB)
[thumbnail of 11. bab 2.pdf] Text
11. bab 2.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 12. bab 3.pdf] Text
12. bab 3.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 13. bab 4.pdf] Text
13. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[thumbnail of 14. bab 5.pdf] Text
14. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 15. daftar pustaka.pdf] Text
15. daftar pustaka.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of 16. lampiran.pdf] Text
16. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 17. biodata.pdf] Text
17. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai persepsi guru Pendidikan Jasmani terhadap tuntutan administrasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PJOK di SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PJOK memiliki persepsi beragam terhadap tuntutan administrasi yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Sebagian guru memandang administrasi sebagai bagian dari profesionalisme, namun terdapat pula hambatan seperti beban kerja yang meningkat, keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, serta keterbatasan dalam penggunaan platform digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dukungan kelembagaan dan penyederhanaan sistem administrasi sangat dibutuhkan agar guru dapat fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Kata kunci: Guru PJOK, Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Tuntutan Administrasi Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:24
Last Modified: 12 Dec 2025 07:24
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2697

Actions (login required)

View Item
View Item