PIRMANSAH, MUHAMAD ARUL (2025) PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP TUNTUTAN ADMINISTRASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP NEGERI 9 TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.
1.cover.pdf
Download (83kB)
2. pengesahan.pdf
Download (64kB)
3. penguji.pdf
Download (58kB)
4. pernyataan.pdf
Download (64kB)
5. motto.pdf
Download (63kB)
6. abstrak.pdf
Download (52kB)
7. kata pengantar.pdf
Download (70kB)
8. ucapan terimakasih.pdf
Download (74kB)
9. daftar isi.pdf
Download (101kB)
10. bab 1.pdf
Download (95kB)
11. bab 2.pdf
Download (204kB)
12. bab 3.pdf
Download (121kB)
13. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
14. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
15. daftar pustaka.pdf
Download (139kB)
16. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
17. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (16kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai persepsi guru Pendidikan Jasmani terhadap tuntutan administrasi dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PJOK di SMP Negeri 9 Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PJOK memiliki persepsi beragam terhadap tuntutan administrasi yang mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Sebagian guru memandang administrasi sebagai bagian dari profesionalisme, namun terdapat pula hambatan seperti beban kerja yang meningkat, keterbatasan waktu, kurangnya pelatihan, serta keterbatasan dalam penggunaan platform digital. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa dukungan kelembagaan dan penyederhanaan sistem administrasi sangat dibutuhkan agar guru dapat fokus pada peningkatan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: Guru PJOK, Kurikulum Merdeka, Persepsi Guru, Tuntutan Administrasi Pembelajaran.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:24 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:24 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2697 |
