Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Genially Pada Model Problem Based Learning (PBL)

Aprianti, Vina (2025) Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik Melalui Penerapan Genially Pada Model Problem Based Learning (PBL). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover.pdf] Text
01 Cover.pdf

Download (109kB)
[thumbnail of 02 Lembar Pengesahan.pdf] Text
02 Lembar Pengesahan.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf] Text
03 Surat Keterangan Revisi Ujian Skripsi.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf] Text
04 Pernyataan Keaslian Karya Ilmiah.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of 06 Kata Pengantar.pdf] Text
06 Kata Pengantar.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 07 Daftar Isi.pdf] Text
07 Daftar Isi.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 08 Daftar Tabel.pdf] Text
08 Daftar Tabel.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of 09 Daftar Gambar.pdf] Text
09 Daftar Gambar.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 10 Daftar Lampiran.pdf] Text
10 Daftar Lampiran.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of 11 BAB 1.pdf] Text
11 BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 12 BAB 2.pdf] Text
12 BAB 2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of 13 BAB 3.pdf] Text
13 BAB 3.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 14 BAB 4.pdf] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 15 BAB 5.pdf] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[thumbnail of 16 Daftar Pustaka.pdf] Text
16 Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 17 Lampiran.pdf] Text
17 Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Genially pada model problem based learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pretest Posttest Control Group Design. Kelas eksperimen diberikan perlakuan/treatment dengan menerapkan Genially pada model problem based learning (PBL), sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan/treatment model problem based learning (PBL) saja.

Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 6 Garut. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas X-12 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik random assignment. Teknik pengumpulan data menggunakan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes kemampuan literasi matematis. Instrumen yang digunakan yaitu tes uraian kemampuan literasi matematis peserta didik dan angket motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan Two Independent Sample Test.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis peserta didik yang melalui penerapan Genially pada model Problem Based Learning (PBL) dengan nilai signifikansi 0,03.

Kata kunci: Kemampuan Literasi Matematis, Genially, Model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:31
Last Modified: 12 Dec 2025 03:31
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2672

Actions (login required)

View Item
View Item