RAHMATILAH, LENI (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1-cover.pdf
Download (38kB)
2-Pengesahan.pdf
Download (291kB)
3-Pernyataan.pdf
Download (141kB)
4-abstrak.pdf
Download (12kB)
5-kata pengantar.pdf
Download (108kB)
6-ucapan terimaksih.pdf
Download (131kB)
7-daftar isi.pdf
Download (238kB)
8-daftar tabel.pdf
Download (12kB)
9-daftar gambar.pdf
Download (210kB)
10-bab 1.pdf
Download (289kB)
11-bab 2.pdf
Download (189kB)
12-bab 3.pdf
Download (433kB)
13-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (636kB)
14-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (24kB)
15-dapus.pdf
Download (240kB)
16-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Test Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI-11 dan XI-12 sebagai eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Cooperative Learning Type Number Head Together (Nht) Dengan Berbantuan Media Wordwall dan kelas XI-11 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi indeks harga dan inflasi. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar <0,001, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Wordwall lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Wordwall, Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:05 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:05 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2626 |
