PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

RAHMATILAH, LENI (2025) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN EKONOMI (Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1-cover.pdf] Text
1-cover.pdf

Download (38kB)
[thumbnail of 2-Pengesahan.pdf] Text
2-Pengesahan.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 3-Pernyataan.pdf] Text
3-Pernyataan.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 4-abstrak.pdf] Text
4-abstrak.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 5-kata pengantar.pdf] Text
5-kata pengantar.pdf

Download (108kB)
[thumbnail of 6-ucapan terimaksih.pdf] Text
6-ucapan terimaksih.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 7-daftar isi.pdf] Text
7-daftar isi.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 8-daftar tabel.pdf] Text
8-daftar tabel.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 9-daftar gambar.pdf] Text
9-daftar gambar.pdf

Download (210kB)
[thumbnail of 10-bab 1.pdf] Text
10-bab 1.pdf

Download (289kB)
[thumbnail of 11-bab 2.pdf] Text
11-bab 2.pdf

Download (189kB)
[thumbnail of 12-bab 3.pdf] Text
12-bab 3.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 13-bab 4.pdf] Text
13-bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[thumbnail of 14-bab 5.pdf] Text
14-bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[thumbnail of 15-dapus.pdf] Text
15-dapus.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of 16-lampiran.pdf] Text
16-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Pre-Test Post-Test Non-Equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes berbentuk pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI di SMAN 10 Tasikmalaya tahun ajaran 2024/2025. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI-11 dan XI-12 sebagai eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan model Cooperative Learning Type Number Head Together (Nht) Dengan Berbantuan Media Wordwall dan kelas XI-11 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi indeks harga dan inflasi. Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan uji independent sample t-test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar <0,001, yang berarti hipotesis penelitian diterima. Rata-rata nilai posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Cooperative Learning Type Number Head Together (NHT) Dengan Berbantuan Media Wordwall lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Kata Kunci : Numbered Head Together (NHT), Wordwall, Hasil Belajar, Pembelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:05
Last Modified: 12 Dec 2025 01:05
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2626

Actions (login required)

View Item
View Item