PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN SARANA DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025)

HANDIRI, NISYAISNI BILFAJRIN (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN SARANA DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (292kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (786kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dan sarana diskusi terhadap hasil belajar ekonomi siswa, dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial sebagai sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (koefisien 0,380; p = 0,000), dan media sosial sebagai sarana diskusi juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (koefisien 0,435; p = 0,000). Selain itu, media sosial sebagai sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,214; p = 0,005), media sosial sebagai sarana diskusi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,210; p = 0,007), serta motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,350; p = 0,000). Nilai R Square = 0,570 menunjukkan bahwa 57% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh media sosial sebagai sumber belajar dan sarana diskusi, sedangkan R Square = 0,460 menunjukkan bahwa 46% variasi hasil belajar dijelaskan oleh media sosial dan motivasi belajar. Dengan demikian, penggunaan media sosial sebagai sumber belajar maupun sarana diskusi terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana efektif untuk menunjang proses pembelajaran.

Kata Kunci: Media Sosial, Sumber Belajar, Sarana Diskusi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Ekonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 00:53
Last Modified: 12 Dec 2025 00:53
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item
View Item