HANDIRI, NISYAISNI BILFAJRIN (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN SARANA DISKUSI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SERTA IMPLIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA (Survei pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 9 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (51kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (314kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (367kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (363kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (14kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (133kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (365kB)
8. BAB I.pdf
Download (292kB)
9. BAB II.pdf
Download (268kB)
10. BAB III.pdf
Download (786kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (15kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (143kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (295kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh penggunaan media sosial sebagai sumber belajar dan sarana diskusi terhadap hasil belajar ekonomi siswa, dengan motivasi belajar sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sosial sebagai sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (koefisien 0,380; p = 0,000), dan media sosial sebagai sarana diskusi juga berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar (koefisien 0,435; p = 0,000). Selain itu, media sosial sebagai sumber belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,214; p = 0,005), media sosial sebagai sarana diskusi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,210; p = 0,007), serta motivasi belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar (koefisien 0,350; p = 0,000). Nilai R Square = 0,570 menunjukkan bahwa 57% variasi motivasi belajar dijelaskan oleh media sosial sebagai sumber belajar dan sarana diskusi, sedangkan R Square = 0,460 menunjukkan bahwa 46% variasi hasil belajar dijelaskan oleh media sosial dan motivasi belajar. Dengan demikian, penggunaan media sosial sebagai sumber belajar maupun sarana diskusi terbukti berpengaruh positif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar ekonomi siswa. Media sosial dapat dimanfaatkan sebagai sarana efektif untuk menunjang proses pembelajaran.
Kata Kunci: Media Sosial, Sumber Belajar, Sarana Diskusi, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Ekonomi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 00:53 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 00:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2621 |
