PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, SELF EFFICACY, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa FKIP EDU Universitas Siliwangi 2024)

NURAISYAH, SISKA (2025) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, SELF EFFICACY, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa FKIP EDU Universitas Siliwangi 2024). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 3. PENGUJI.pdf] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (363kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (56kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR ISI.pdf] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 9. BAB I.pdf] Text
9. BAB I.pdf

Download (65kB)
[thumbnail of 10. BAB II.pdf] Text
10. BAB II.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of 12. BAB IV.pdf] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of 13. BAB V.pdf] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 17. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar, self efficacy, dan motivasi intrinsik terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi angkatan 2021. Kesiapan menjadi guru merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan yang ditentukan oleh kemampuan pedagogik, keyakinan diri, serta dorongan internal individu untuk berkontribusi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berupa angket yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Uji F membuktikan bahwa ketiga variabel secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap mahasiswa. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,693, yang berarti bahwa sebesar 69,3% variasi dapapt dijelaskan oleh variabel dukungan sosial, self efficacy, dan optimisme. Sementara itu, sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, ketiga variabel ini merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan ketahanan mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik.

Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Kesiapan Menjadi Guru, Motivasi Intrinsik, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 00:48
Last Modified: 12 Dec 2025 00:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2619

Actions (login required)

View Item
View Item