NURAISYAH, SISKA (2025) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR, SELF EFFICACY, DAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU (Survei pada Mahasiswa FKIP EDU Universitas Siliwangi 2024). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (47kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (316kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (363kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (293kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (142kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (56kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (79kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (143kB)
9. BAB I.pdf
Download (65kB)
10. BAB II.pdf
Download (175kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (100kB)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
17. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar, self efficacy, dan motivasi intrinsik terhadap kesiapan menjadi guru pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi angkatan 2021. Kesiapan menjadi guru merupakan faktor penting dalam dunia pendidikan yang ditentukan oleh kemampuan pedagogik, keyakinan diri, serta dorongan internal individu untuk berkontribusi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei dan instrumen berupa angket yang disebarkan kepada responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda untuk menguji pengaruh masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap resiliensi akademik. Uji F membuktikan bahwa ketiga variabel secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap mahasiswa. Selain itu, hasil uji koefisien determinasi (R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,693, yang berarti bahwa sebesar 69,3% variasi dapapt dijelaskan oleh variabel dukungan sosial, self efficacy, dan optimisme. Sementara itu, sisanya sebesar 30,7% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini. Dengan demikian, ketiga variabel ini merupakan faktor penting yang dapat meningkatkan ketahanan mahasiswa dalam menghadapi tantangan akademik.
Kata Kunci: Keterampilan Mengajar, Kesiapan Menjadi Guru, Motivasi Intrinsik, Self Efficacy
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 00:48 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 00:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2619 |
