SONG AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA FOR TEACHING LISTENING SKILL IN INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS: A CASE STUDY OF STUDENTS’ PERCEPTION

RAMDHAN, IQBAL SYAEFUL (2025) SONG AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA FOR TEACHING LISTENING SKILL IN INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS: A CASE STUDY OF STUDENTS’ PERCEPTION. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 2.APPROVAL SHEET.pdf] Text
2.APPROVAL SHEET.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 3.EXAMINAR PAGE.pdf] Text
3.EXAMINAR PAGE.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4.LEMBARAN PERNYATAAN.pdf] Text
4.LEMBARAN PERNYATAAN.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 5.MOTTO.pdf] Text
5.MOTTO.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 6.ABSTRAK.pdf] Text
6.ABSTRAK.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 7.PREFACE.pdf] Text
7.PREFACE.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 8.ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8.ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of 9.TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
9.TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 10.LIST OF TABLES.pdf] Text
10.LIST OF TABLES.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 11.LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
11.LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 12.CHAPTER 1.pdf] Text
12.CHAPTER 1.pdf

Download (222kB)
[thumbnail of 13.CHAPTER 2.pdf] Text
13.CHAPTER 2.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of 14.CHAPTER 3.pdf] Text
14.CHAPTER 3.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 15.CHAPTER 4.pdf] Text
15.CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[thumbnail of 16.CHAPTER 5.pdf] Text
16.CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[thumbnail of 17.REFERENCES.pdf] Text
17.REFERENCES.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 18.ENCLOSURES.pdf] Text
18.ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (970kB)
[thumbnail of 19.Curriculum Vitae.pdf] Text
19.Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan lagu sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening siswa SMA Indonesia di kelas Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mengacu pada kerangka teori Vandergrift dan Baker (2015), penelitian ini menyelidiki bagaimana kebiasaan listening, penguasaan kosakata, preferensi siswa, dan listening comprehension dipengaruhi oleh penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga siswa kelas 12 dari latar belakang akademis yang berbeda (jurusan IPA dan IPS), yang masing-masing merefleksikan pengalaman mereka dalam belajar bahasa Inggris menggunakan lagu. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan lagu secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami bahasa Inggris lisan, mengenali kosakata, dan mengembangkan pemahaman fonologis. Lebih jauh, lagu terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan menawarkan lingkungan yang lebih menarik dan relevan untuk mempelajari bahasa baru. Siswa juga mengatakan bahwa mendengarkan lagu membantu mereka memahami berbagai aksen dan gaya pengucapan, membuat latihan listening bahasa Inggris lebih menarik dan tidak terlalu menakutkan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa memperkenalkan lagu ke dalam kelas ELT merupakan metode pedagogis yang bermanfaat, khususnya untuk meningkatkan ingatan kata-kata dan pemahaman mendengarkan. Studi ini memiliki implikasi praktis bagi guru dalam hal merancang aktivitas listening yang lebih dinamis dan menarik yang menggunakan musik untuk mengembangkan engagement yang lebih baik antara siswa di kelas. Menggunakan lagu sebagai alat linguistik dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan listening mereka dengan cara yang lebih menyenangkan.

Kata kunci: Keterampilan listening, media pembelajaran, lagu, penguasaan kosakata, ELT, pemahaman listening, siswa SMA Indonesia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 11 Dec 2025 07:53
Last Modified: 11 Dec 2025 07:53
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2609

Actions (login required)

View Item
View Item