RAMDHAN, IQBAL SYAEFUL (2025) SONG AS AN INSTRUCTIONAL MEDIA FOR TEACHING LISTENING SKILL IN INDONESIAN HIGH SCHOOL STUDENTS: A CASE STUDY OF STUDENTS’ PERCEPTION. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1.COVER.pdf
Download (201kB)
2.APPROVAL SHEET.pdf
Download (61kB)
3.EXAMINAR PAGE.pdf
Download (55kB)
4.LEMBARAN PERNYATAAN.pdf
Download (57kB)
5.MOTTO.pdf
Download (120kB)
6.ABSTRAK.pdf
Download (229kB)
7.PREFACE.pdf
Download (120kB)
8.ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (204kB)
9.TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (187kB)
10.LIST OF TABLES.pdf
Download (118kB)
11.LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (183kB)
12.CHAPTER 1.pdf
Download (222kB)
13.CHAPTER 2.pdf
Download (284kB)
14.CHAPTER 3.pdf
Download (202kB)
15.CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (171kB)
16.CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
17.REFERENCES.pdf
Download (205kB)
18.ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (970kB)
19.Curriculum Vitae.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan lagu sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan listening siswa SMA Indonesia di kelas Pengajaran Bahasa Inggris (ELT). Mengacu pada kerangka teori Vandergrift dan Baker (2015), penelitian ini menyelidiki bagaimana kebiasaan listening, penguasaan kosakata, preferensi siswa, dan listening comprehension dipengaruhi oleh penggunaan lagu dalam pengajaran bahasa. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tiga siswa kelas 12 dari latar belakang akademis yang berbeda (jurusan IPA dan IPS), yang masing-masing merefleksikan pengalaman mereka dalam belajar bahasa Inggris menggunakan lagu. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan lagu secara signifikan meningkatkan keterampilan mendengarkan siswa dengan meningkatkan kemampuan mereka untuk memahami bahasa Inggris lisan, mengenali kosakata, dan mengembangkan pemahaman fonologis. Lebih jauh, lagu terbukti meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan menawarkan lingkungan yang lebih menarik dan relevan untuk mempelajari bahasa baru. Siswa juga mengatakan bahwa mendengarkan lagu membantu mereka memahami berbagai aksen dan gaya pengucapan, membuat latihan listening bahasa Inggris lebih menarik dan tidak terlalu menakutkan. Temuan tersebut menunjukkan bahwa memperkenalkan lagu ke dalam kelas ELT merupakan metode pedagogis yang bermanfaat, khususnya untuk meningkatkan ingatan kata-kata dan pemahaman mendengarkan. Studi ini memiliki implikasi praktis bagi guru dalam hal merancang aktivitas listening yang lebih dinamis dan menarik yang menggunakan musik untuk mengembangkan engagement yang lebih baik antara siswa di kelas. Menggunakan lagu sebagai alat linguistik dapat membantu siswa meningkatkan keterampilan listening mereka dengan cara yang lebih menyenangkan.
Kata kunci: Keterampilan listening, media pembelajaran, lagu, penguasaan kosakata, ELT, pemahaman listening, siswa SMA Indonesia
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 07:53 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 07:53 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2609 |
