PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

HAYAT, NADYA ANNISA (2024) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR KETERANGAN REVISI.pdf] Text
3. LEMBAR KETERANGAN REVISI.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 11. BAB I.pdf] Text
11. BAB I.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 12. BAB II.pdf] Text
12. BAB II.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 13. BAB III.pdf] Text
13. BAB III.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 14. BAB IV.pdf] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[thumbnail of 15. BAB V.pdf] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[thumbnail of 16. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 17. LAMPIRAN.pdf] Text
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 18. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta
didik yang pembelajarannya menggunakan media berbantuan Flipbook. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design yaitu menggunakan pretest dan posttest pada dua
kelompok, kelas eksperimen dengan berbantuan media pembelajaran flipbook dan kelas
kontrol tidak berbantuan media pembelajaran flipbook. Populasi penelitian ini adalah
peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas VII-B (kelas eksperimen) dan VII-D (kelas kontrol) yang masing-masing kelas
terdiri dari 34 peserta didik. Kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen
meningkat lebih tinggi dengan N-Gain 80,50 Dibandingkan peserta didik kelas kontrol
dengan N-Gain 46,15. Hasil penelitian menunjukan nilai Sig.2 tailed yaitu 0,00 yang
artinya �1 diterima, sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Maka penggunaan pembelajaran berbantuan flipbook dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis. Respon peserta didik terhadap penggunaan
pembelajaran berbantuan flipbook menghasilkan kriteria tinggi yang artinya peserta didik
memberikan respon positif dengan rata-rata persentase 66%.
Kata kunci: Flipbook, Kemampuan Komunikasi Matematis, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 20 Oct 2025 07:48
Last Modified: 20 Oct 2025 07:48
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/26

Actions (login required)

View Item
View Item