HAYAT, NADYA ANNISA (2024) PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBANTUAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (87kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (237kB)
3. LEMBAR KETERANGAN REVISI.pdf
Download (318kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (198kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (36kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (72kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (52kB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (48kB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (34kB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (52kB)
11. BAB I.pdf
Download (89kB)
12. BAB II.pdf
Download (207kB)
13. BAB III.pdf
Download (306kB)
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (274kB)
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (41kB)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (148kB)
17. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
18. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (22kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta
didik yang pembelajarannya menggunakan media berbantuan Flipbook. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian
Nonequivalent Control Group Design yaitu menggunakan pretest dan posttest pada dua
kelompok, kelas eksperimen dengan berbantuan media pembelajaran flipbook dan kelas
kontrol tidak berbantuan media pembelajaran flipbook. Populasi penelitian ini adalah
peserta didik kelas VII di SMP Negeri 8 Tasikmalaya. Pengambilan sampel
menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini yaitu seluruh peserta didik
kelas VII-B (kelas eksperimen) dan VII-D (kelas kontrol) yang masing-masing kelas
terdiri dari 34 peserta didik. Kemampuan komunikasi matematis pada kelas eksperimen
meningkat lebih tinggi dengan N-Gain 80,50 Dibandingkan peserta didik kelas kontrol
dengan N-Gain 46,15. Hasil penelitian menunjukan nilai Sig.2 tailed yaitu 0,00 yang
artinya �1 diterima, sehingga terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Maka penggunaan pembelajaran berbantuan flipbook dapat meningkatkan
kemampuan komunikasi matematis. Respon peserta didik terhadap penggunaan
pembelajaran berbantuan flipbook menghasilkan kriteria tinggi yang artinya peserta didik
memberikan respon positif dengan rata-rata persentase 66%.
Kata kunci: Flipbook, Kemampuan Komunikasi Matematis, Peserta Didik
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 07:48 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 07:48 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/26 |
