MULYANI, NENG SOPA SITI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (175kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (64kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (55kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (329kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (232kB)
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf
Download (150kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (300kB)
8. BAB 1.pdf
Download (287kB)
9. BAB 2.pdf
Download (391kB)
10. BAB 3.pdf
Download (913kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (615kB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (215kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (142kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik serta minimnya inovasi dalam model pembelajaran Fisika. Rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik dilihat dari nilai sumatif tengah semester kelas X MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya yang 53% belum mencapai KKTP. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Guided Inquiry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Guided Inquiry terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh kelas X MA Negeri 1 Kabupaten Tasikmalaya sebanyak 17 kelas, dengan pemilihan sampel secara cluster random sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur hasil belajar kognitif, pretest dan posttest dilakukan dengan menggunakan 10 soal berbentuk tes uraian mencakup jenjang kognitif C1 sampai C4. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada dependent kelas ekperimen menunjukkan �ℎ����� ˃ ������ (27,85 > 2,03). Artinya, terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pada kelas kontrol juga terjadi perbedaan �ℎ����� ˃ ������ (9,45 > 2,03). Uji hipotesis independent menggunakan uji t’ menunjukkan �ℎ����� ˃ ������ (6,55 > 1,99) sehingga �0 ditolak �� diterima. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran Guided Inquiry terhadap hasil belajar kognitif peserta didik Hal ini terjadi karena model pembelajaran Guided Inquiry secara sistematis mendorong keterlibatan aktif peserta didik, serta mengarahkan mereka untuk memahami, menerapkan, dan menganalisis secara mendalam melalui tahapan pembelajaran.
Kata kunci: hasil belajar kognitif, model pembelajaran Guided Inquiry, pemanasan global.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:35 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:35 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2579 |
