APRILIA, RAYA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Hidrologi Kelas X di SMAN 1 Singaparna). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (79kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (171kB)
3. LEMBAR PENGUJI.pdf
Download (139kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (131kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (69kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (74kB)
7. UCAPAN TERIMAKSIH.pdf
Download (145kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (326kB)
9. BAB 1.pdf
Download (147kB)
10. BAB 2.pdf
Download (340kB)
11. BAB 3.pdf
Download (504kB)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (147kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
15. BIODATA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (136kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi bahwa dalam proses pembelajaran masih memiliki keterbatasan dalam mengembangkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Penggunaan Model dan Media pembelajaran yang kurang bervariasi, menyebabkan proses pembelajaran menjadi pasif, sehingga dapat menghambat ide dan kreativitas siswa untuk berkembang. Dengan demikian, hal tersebut berdampak pada kemampuan berpikir kreatif siswa belum terbangun. Tujuan penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui tahapan penerapan model project based learning (PjBL) dengan video animasi pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi kelas X di SMAN Singaparna (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model project based learning (PjBL) dengan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran geografi materi Hidrologi kelas X di SMAN 1 Singaparna. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling sebanyak 66 orang yang terdiri dari dua kelas, kelas X.7 (Eksperimen), dan kelas X.8 (Kontrol). Dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis statistik, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian lapangan bahwa tahapan model project based learning (PjBL) dengan video animasi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu : penyajian permasalahan, membuat perencanaan, menyusun penjadwalan, memonitoring pembuatan proyek, melakukan penilaian, evaluasi. Model project based learning (PjBL) dengan video animasi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas X SMAN 1 Singaparna pada mata pelajaran geografi materi hidrologi, semakin efektif penerapan model project based learning (PjBL) dengan video animasi, maka semakin berkembang kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci : Model Project Based Learning (PjBL), Video Animasi, Kemampuan berpikir kreatif.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 04:01 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 04:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2569 |
