Sari, Wini Nurlela (2025) ANALISIS KARAKTERISTIK DAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN DALAM KUMPULAN CERITA RAKYAT GALUNGGUNG MENGGUNAKAN PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS CERITA RAKYAT PADA FASE E (Penelitian deskriptif analitis terhadap kumpulan cerita rakyat Galunggung sebagai alternatif bahan ajar teks cerita rakyat pada fase E). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (167kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (268kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (252kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (140kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (255kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (469kB)
7. BAB 1.pdf
Download (388kB)
8. BAB 2.pdf
Download (911kB)
9. BAB 3.pdf
Download (1MB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (321kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (340kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (153kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30MB)
Abstract
Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka berorientasi pada pendekatan berbasis teks, salah satunya adalah teks cerita rakyat. Capaian pembelajaran materi ini mencakup kemampuan mengidentifikasi karakteristik dan nilai-nilai kehidupan dalam cerita rakyat. Latar belakang penelitian ini yaitu salah satu bentuk upaya untuk mengangkat kekayaan budaya dan nilai-nilai lokal sebagai alternatif bahan ajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana karakteristik dan nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan cerita rakyat Galunggung?, (2) apakah modul pembelajaran kumpulan cerita rakyat Galunggung memenuhi kriteria bahan ajar sastra dan kurikulum merdeka sebagai alternatif bahan ajar cerita rakyat pada fase E?. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji isi dan kelayakan kumpulan cerita rakyat Galunggung sebagai alternatif bahan ajar cerita rakyat. Metode penelitan yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara, studi dokumen, dan angket validasi. Sumber data utama berupa tiga teks cerita rakyat berlatar di Galunggung yang disusun oleh penulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita-cerita tersebut mengandung karakteristik dan nilai-nilai kehidupan yang sesuai dengan capaian pembelajaran kurikulum merdeka dan memenuhi kriteria sebagai bahan ajar sastra. Hasil validasi dari guru Bahasa Indonesia, dosen ahli bahan ajar, praktisi sastra, dan ahli desain grafis menyimpulkan bahwa modul pembelajaran kumpulan cerita rakyat Galunggung layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar untuk peserta didik fase E.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 07:41 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 07:41 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2499 |
