Kusuma, Widyanti (2025) ANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI DALAM WEBSITE DETIK.COM SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DI KELAS VII (Studi Analisis Kesesuaian Teks Deskripsi dalam Website Detik.com dengan Kriteria Bahan Ajar). Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (315kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (94kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (97kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (281kB)
5. KATA PENGANTAR.pdf
Download (284kB)
6. DAFTAR ISI.pdf
Download (384kB)
7. BAB 1.pdf
Download (337kB)
8. BAB 2.pdf
Download (605kB)
9. BAB 3.pdf
Download (862kB)
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (289kB)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (260kB)
13. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (187kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (30MB)
Abstract
Bahan ajar menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pada era Kurikulum Merdeka, sudah banyak pendidik yang menggunakan berbagai sumber belajar sebagai tambahan dari buku paket. Namun, teks deskripsi yang didapatkan dari sumber lain harus tetap memenuhi kriteria bahan ajar. Berdasarkan masalah tersebut, penulis melakukan penelitian berupa analisis terhadap teks deskripsi dalam website Detik.com. Penulis menganalisis isi, struktur, kebahasaan, dan tingkat keterbacaan wacana dengan menggunakan kesesuaian kriteria bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan teknik Simak Tandai Baca. Sumber data penelitian yaitu teks deskripsi dalam website Detik.com. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya teks deskripsi dalam website Detik.com dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di kelas VII. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelima teks tersebut 100% memiliki kelengkapan struktur. Empat dari lima teks deskripsi tersebut 80% mengandung kelengkapan ciri-ciri teks deskripsi, satu dari lima teks deskripsi tidak memiliki ciri-ciri gaya yang menarik. Selain itu, dua dari lima teks deskripsi tersebut 40% memiliki kelengkapan unsur kebahasaan, tiga dari kelima teks deskripsi tersebut tidak memiliki unsur kebahasaan penggunaan sinonim dan kalimat bermajas. Kelima teks deskripsi tersebut memiliki tingkat keterbacaan yang sesuai untuk peserta didik kelas VII. Hasil analisis juga menunjukkan kelima teks tersebut sesuai dengan kriteria bahan ajar. Hasil uji ahli menunjukkan nilai rata-rata 88,45 dengan kategori valid. Uji coba dilaksanakan di dua sekolah dengan rata-rata nilai peserta didik 86,74. Dengan demikian, teks deskripsi dalam website Detik.com dapat dijadikan sebagai alternatif bahan ajar teks deskripsi di kelas VII.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 06:24 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 06:24 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2473 |
