Hapsari, Aulia Puspa (2025) ANALISIS PENERAPAN TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI SMA NEGERI DI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (50kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (110kB)
3. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf
Download (76kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (151kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (15kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (207kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (79kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (37kB)
9. DAFTAR TABEL.pdf
Download (34kB)
10. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (35kB)
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (33kB)
12. BAB 1.pdf
Download (117kB)
13. BAB 2.pdf
Download (289kB)
14. BAB 3.pdf
Download (332kB)
15. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
16. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (144kB)
18. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
19. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (77kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi pendidikan yang menuntut inovasi dalam proses pembelajaran. TPACK merupakan sebuah kerangka kerja yang dapat menggabungkan teknologi, pedagogik, dan konten untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan menarik. Namun, masih terdapat kesulitan dalam mengintegrasikan TPACK secara efektif di kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan TPACK dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kota Tasikmalaya serta mengetahui faktor faktor yang menjadi hambatan yang dihadapi guru untuk menerapkan TPACK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Sampel penelitian terdiri atas 33 guru geografi SMAN Kota Tasikmalaya dengan menggunakan teknik total sampling serta 77 peserta didik SMAN Kota Tasikmalaya dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik inferensial berupa uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut kuesioner guru, penerapan TPACK dalam pembelajaran geografi tergolong baik, sedangkan menurut kuesioner peserta didik, penerapannya dinilai cukup. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan dapat disimpulkan bahwa penerapan TPACK dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kota Tasikmalaya telah berjalan cukup optimal, meskipun masih terdapat perbedaan persepsi antara guru dan peserta didik. Terdapat beberapa faktor penghambat dalam penerapan TPACK yaitu fasilitas belajar yang kurang memadai, kurangnya minat belajar peserta didik, belum maksimalnya pelatihan TPACK terhadap tenaga pendidik, kendala teknis dan faktor usia. Kondisi ini mengindikasikan pentingnya peningkatan kualitas implementasi TPACK agar tercipta keselarasan persepsi dan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif.
Kata Kunci : TPACK, Teknologi pendidikan, Guru geografi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 10 Dec 2025 04:01 |
| Last Modified: | 10 Dec 2025 04:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2449 |
