Nurhasanah, Vina (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, MOTIVASI INTRINSIK DAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA (Survey pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Angkatan 2020 – 2023). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (92kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (320kB)
3. PENGUJI.pdf
Download (281kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (150kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (126kB)
6. KATA PENGANATAR.pdf
Download (160kB)
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf
Download (127kB)
8. DAFTAR ISI.pdf
Download (123kB)
9. BAB I.pdf
Download (211kB)
10. BAB II.pdf
Download (231kB)
11. BAB III.pdf
Download (313kB)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (288kB)
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (113kB)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (118kB)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (51kB)
Abstract
Masalah dalam Penelitian ini yaitu rendahnya minat mahasiswa dalam wirausaha selain
itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah orang yang ingin menjadi wirausaha
agar tingkat ekonomi di Indonesia meningkat dan menjadi peluang untuk menciptakan
lapangan pekerjaan tidak hanya mengandalkan pekerjaan karena tingginya tingkat
pengangguran di indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap
Minat Berwirausaha. Metode penelitian menggunakan survey dengan desain deskriptif.
Populasi yang merupakan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas
Siliwangi Angkatan 2020-2023, sejumlah 503 orang mahasiswa. adapun Teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu prabobability sampling jenis proportionate
stratified sampling. Sehingga sampel yang diambil total ialah sebanyak 222 orang
mahasiswa terdiri dari jumlah Angkatan 2020 sebanyak 52 orang, Angkatan 2021
sebanyak 49 orang, Angkatan 2022 sebanyak 60 orang dan Angkatan 2023 sebanyak 61
orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner, Teknik analisis data
menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi liniear dan uji hipotesis. Adapun hasil
penelitian menunjukan bahwa penggunaan media sosial memiliki pengaruh yang
signifikansi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan
2020 – 2023 dengan nilai signifikansi lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05), juga dengan
motivasi intrinsik memiliki pengaruh yang signifikansi terhadap minat berwirausaha pada
mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan 2020 – 2023 dengan nilai signifikansinya lebih
kecil dari 5% (0,000 < 0,05), begitupun dengan pengetahuan kewirausahaan yang
memiliki terhadap minat berwirausha mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2020 –
2023 dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 5% (0,001 < 0,05), penggunaan media
sosial, motivasi intrinsik dan pengetahuan kewirausahaan memiliki pengaruh yang positif
signifikansi terhadap minat berwirausaha mahasiswa Pendidikan ekonomi Angkatan
2020 – 2023, dengan nilai signifikansinya lebih kecil dari 5% (0,000 < 0,05).
Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Motivasi Intrinsik, Pengetahuan Kewirausahaan,
Minat Berwirausah.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 28 Oct 2025 02:59 |
| Last Modified: | 28 Oct 2025 02:59 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/244 |
