PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) BERBANTUAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2024/2025)

FAUZIAH, FUZI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) BERBANTUAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (174kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (237kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (324kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (270kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[thumbnail of 8. BAB 1.pdf] Text
8. BAB 1.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 9. BAB 2.pdf] Text
9. BAB 2.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 10. BAB 3.pdf] Text
10. BAB 3.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 11. BAB 4.pdf] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 12. BAB 5.pdf] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek penting dalam pembelajaran, karena melibatkan pemahaman konsep dan pengetahuan yang dimiliki serta menghubungkannya untuk membuat keputusan secara logis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif serta minimnya inovasi dalam model pembelajaran fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu semua kelas X sebanyak 12 kelas dengan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu X-6 dan X-8. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 6 soal yang mencakup seluruh indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t` dengan taraf signifikan (� = 0,05) menunjukkan bahwa �ℎ����� (13,13) > ������ (1,68) yang berarti H0 ditolak yang artinya model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025.

Kata kunci: Brainstorming, Energi Alternatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model pembelajaran ARCS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 08:04
Last Modified: 09 Dec 2025 08:04
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2362

Actions (login required)

View Item
View Item