FAUZIAH, FUZI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ATTENTION, RELEVANCE, CONFIDENCE, SATISFACTION (ARCS) BERBANTUAN BRAINSTORMING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (174kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (199kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (237kB)
4. HALAMAN PRIBADI.pdf
Download (183kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (324kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (270kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (260kB)
8. BAB 1.pdf
Download (309kB)
9. BAB 2.pdf
Download (546kB)
10. BAB 3.pdf
Download (561kB)
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (222kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (209kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
15. RIWAYAT HIDUP PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (154kB)
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan aspek penting dalam pembelajaran, karena melibatkan pemahaman konsep dan pengetahuan yang dimiliki serta menghubungkannya untuk membuat keputusan secara logis. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif serta minimnya inovasi dalam model pembelajaran fisika. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian yaitu semua kelas X sebanyak 12 kelas dengan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu X-6 dan X-8. Instrumen yang digunakan berupa tes uraian sebanyak 6 soal yang mencakup seluruh indikator keterampilan berpikir kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t` dengan taraf signifikan (� = 0,05) menunjukkan bahwa �ℎ����� (13,13) > ������ (1,68) yang berarti H0 ditolak yang artinya model pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan brainstorming berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi energi alternatif di kelas X SMA Negeri 1 Cihaurbeuti tahun ajaran 2024/2025.
Kata kunci: Brainstorming, Energi Alternatif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model pembelajaran ARCS.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Q Science > QC Physics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 09 Dec 2025 08:04 |
| Last Modified: | 09 Dec 2025 08:04 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2362 |
