PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN H5P TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025)

NURJANAH, SITI (2025) PENGARUH MODEL PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) BERBANTUAN H5P TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 4. HALAMAN PRIBADI.pdf] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf] Text
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (148kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR-DAFTAR.pdf] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (304kB)
[thumbnail of 9. BAB 1.pdf] Text
9. BAB 1.pdf

Download (376kB)
[thumbnail of 10. BAB 2.pdf] Text
10. BAB 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11. BAB 3.pdf] Text
11. BAB 3.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of 12. BAB 4.pdf] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 13. BAB 5.pdf] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[thumbnail of 14. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[thumbnail of 15. LAMPIRAN.pdf] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 16. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik dan minimnya inovasi dalam model pembelajaran fisika menjadi faktor yang melatarbelakangi penelitian ini, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan H5P terhadap hasil belajar kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian terdiri dari seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sindangkasih tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 11 kelas, dengan pemilihan sampel secara purposive. Untuk mengukur hasil belajar kognitif, pretest dan posttest dilakukan dengan menggunakan 27 soal pilihan ganda mengenai materi perubahan iklim, yang mencakup tingkatan domain kognitif dari C1 hingga C4. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat, termasuk uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji dependent t test dan independent t test. Meskipun hasil uji dependent t test menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, hasil utama dari penelitian ini yang diuji dengan independent t test menunjukkan �ℎ����� > ������ yaitu 7,235 > 1,992 sehingga �� ditolak dan �� diterima, hal ini mengindikasikan bahwa penerapan model POGIL berbantuan H5P berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi pada pengembangan keilmuan mengenai model POGIL berbantuan H5P, serta menyediakan alternatif model pembelajaran yang inovatif bagi guru dan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dalam mata pelajaran Fisika.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, H5P, model process oriented guided inquiry learning (POGIL), dan perubahan iklim

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 09 Dec 2025 04:38
Last Modified: 09 Dec 2025 04:38
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2305

Actions (login required)

View Item
View Item