ANGELIA, RIA (2024) THE INFLUENCE OF USING DUOLINGO ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY: AN EXPERIMENTAL STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (135kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (138kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (70kB)
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf
Download (71kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (136kB)
6. ABSTRACT.pdf
Download (135kB)
7. PREFACE.pdf
Download (73kB)
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (79kB)
9. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (41kB)
10. LIST OF FIGURES.pdf
Download (26kB)
11. LIST OF TABLES.pdf
Download (26kB)
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf
Download (29kB)
13. CHAPTER 1.pdf
Download (83kB)
14. CHAPTER 2.pdf
Download (369kB)
15. CHAPTER 3.pdf
Download (253kB)
16. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (106kB)
17. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (74kB)
18. REFERENCES.pdf
Download (167kB)
19. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kosakata adalah komponen penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang
mendukung kompetensi komunikatif siswa. Pemahaman kosakata yang baik
merupakan dasar untuk berbicara, menulis, mendengarkan, membaca, dan
penguasaan tata Bahasa. Namun, siswa sering kali merasa kesulitan untuk
memahami dan menerapkan kosakata, terutama jika mereka tidak tertarik untuk
belajar melalui metode konvensional. Oleh karena itu, penting untuk
mengembangkan metode pengajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan
aplikasi Duolingo, untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan metode kuasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh Duolingo
terhadap penguasaan kosakata siswa kelas IX di salah satu SMP di Tasikmalaya.
Populasinya adalah seluruh kelas IX dan sampelnya ditentukan dengan random
sampling, IX-D sebagai kelas eksperimen dan IX-F sebagai kelas kontrol. Peneliti
melakukan penelitian ini selama enam pertemuan, menggunakan Duolingo untuk
kelas eksperimen dan mengajar secara konvensional untuk kelas kontrol. Pre-test
dan Post-test diberikan untuk pengumpulan data. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan independent sample t-test di SPSS dan hasilnya menunjukkan bahwa
sig (2-tailed) adalah 0.00 < 0.05, ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Hα)
diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat
pengaruh dalam penggunaan Duolingo terhadap penguasaan kosakata murid
sekolah menengah pertama.
Kata Kunci: Duolingo, Murid Sekolah Menengah Pertama, Penguasaan Kosakata,
Studi Eksperimental, Aplikasi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 20 Oct 2025 02:01 |
| Last Modified: | 20 Oct 2025 02:01 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/23 |
