THE INFLUENCE OF USING DUOLINGO ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY: AN EXPERIMENTAL STUDY

ANGELIA, RIA (2024) THE INFLUENCE OF USING DUOLINGO ON JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY: AN EXPERIMENTAL STUDY. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (70kB)
[thumbnail of 4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf] Text
4. PERSONAL PAGE (MOTTO).pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of 6. ABSTRACT.pdf] Text
6. ABSTRACT.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 7. PREFACE.pdf] Text
7. PREFACE.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of 8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf] Text
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of 9. TABLE OF CONTENTS.pdf] Text
9. TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 10. LIST OF FIGURES.pdf] Text
10. LIST OF FIGURES.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 11. LIST OF TABLES.pdf] Text
11. LIST OF TABLES.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of 12. LIST OF ENCLOSURES.pdf] Text
12. LIST OF ENCLOSURES.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 1.pdf] Text
13. CHAPTER 1.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 14. CHAPTER 2.pdf] Text
14. CHAPTER 2.pdf

Download (369kB)
[thumbnail of 15. CHAPTER 3.pdf] Text
15. CHAPTER 3.pdf

Download (253kB)
[thumbnail of 16. CHAPTER 4.pdf] Text
16. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[thumbnail of 17. CHAPTER 5.pdf] Text
17. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[thumbnail of 18. REFERENCES.pdf] Text
18. REFERENCES.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of 19. ENCLOSURES.pdf] Text
19. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kosakata adalah komponen penting dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang
mendukung kompetensi komunikatif siswa. Pemahaman kosakata yang baik
merupakan dasar untuk berbicara, menulis, mendengarkan, membaca, dan
penguasaan tata Bahasa. Namun, siswa sering kali merasa kesulitan untuk
memahami dan menerapkan kosakata, terutama jika mereka tidak tertarik untuk
belajar melalui metode konvensional. Oleh karena itu, penting untuk
mengembangkan metode pengajaran yang lebih menarik, seperti menggunakan
aplikasi Duolingo, untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian
ini menggunakan metode kuasi eksperimen untuk mengetahui pengaruh Duolingo
terhadap penguasaan kosakata siswa kelas IX di salah satu SMP di Tasikmalaya.
Populasinya adalah seluruh kelas IX dan sampelnya ditentukan dengan random
sampling, IX-D sebagai kelas eksperimen dan IX-F sebagai kelas kontrol. Peneliti
melakukan penelitian ini selama enam pertemuan, menggunakan Duolingo untuk
kelas eksperimen dan mengajar secara konvensional untuk kelas kontrol. Pre-test
dan Post-test diberikan untuk pengumpulan data. Untuk menganalisis data, peneliti
menggunakan independent sample t-test di SPSS dan hasilnya menunjukkan bahwa
sig (2-tailed) adalah 0.00 < 0.05, ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Hα)
diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Peneliti menyimpulkan bahwa terdapat
pengaruh dalam penggunaan Duolingo terhadap penguasaan kosakata murid
sekolah menengah pertama.
Kata Kunci: Duolingo, Murid Sekolah Menengah Pertama, Penguasaan Kosakata,
Studi Eksperimental, Aplikasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 20 Oct 2025 02:01
Last Modified: 20 Oct 2025 02:01
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/23

Actions (login required)

View Item
View Item