ANALISIS DIGITALISASI LAYANAN PERBANKAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR UNIT SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA

PUTRI, PHOEBE NIKITA (2025) ANALISIS DIGITALISASI LAYANAN PERBANKAN PT. BANK RAKYAT INDONESIA KANTOR UNIT SUKARAJA KABUPATEN TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1.COVER.pdf] Text
1.COVER.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of 2. HALMAN JUDUL.pdf] Text
2. HALMAN JUDUL.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (654kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
4. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf] Text
5. HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (134kB)
[thumbnail of 6. PERNYATAAN.pdf] Text
6. PERNYATAAN.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of 7. ABSTRAK.pdf] Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of 8. KATA PENGANTAR.pdf] Text
8. KATA PENGANTAR.pdf

Download (181kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR ISI.pdf] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (345kB)
[thumbnail of 10. BAB I.pdf] Text
10. BAB I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 11. BAB II.pdf] Text
11. BAB II.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of 12. BAB III.pdf] Text
12. BAB III.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 13. BAB IV.pdf] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[thumbnail of 14. BAB V.pdf] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[thumbnail of 15. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 16. LAMPIRAN.pdf] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of 17. BIODATA PENULIS.pdf] Text
17. BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis digitalisasi layanan perbankan di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Unit Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Fokus penelitian meliputi faktor-faktor pendorong implementasi layanan digital, tingkat adopsi layanan oleh nasabah, serta kendala dan solusi dalam proses digitalisasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi di BRI Unit Sukaraja didorong oleh perkembangan teknologi, regulasi OJK, kebutuhan efisiensi, serta perubahan perilaku dan ekspektasi nasabah. Meskipun layanan seperti BRImo telah tersedia, tingkat adopsi masih rendah akibat keterbatasan literasi digital, infrastruktur internet, dan kekhawatiran akan keamanan data. Kendala lainnya mencakup minimnya perangkat digital yang memadai serta rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital. Penelitian ini merekomendasikan perlunya edukasi digital bagi nasabah, peningkatan infrastruktur teknologi, serta penguatan sistem keamanan layanan digital. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan inklusi keuangan dan mendukung transformasi layanan perbankan di wilayah pedesaan.

Kata Kunci: digitalisasi perbankan, BRImo, layanan digital, BRI Sukaraja, inklusi keuangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 09 Dec 2025 02:22
Last Modified: 09 Dec 2025 02:22
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2285

Actions (login required)

View Item
View Item