PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN(BJB) Tbk. CABANG TASIKMALAYA

Irawan, Rahmanisa Putri (2025) PENGARUH PENGGUNAAN LAYANAN DIGITAL BANKING TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH JAWA BARAT DAN BANTEN(BJB) Tbk. CABANG TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 2 HALAMAN JUDUL.pdf] Text
2 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 4 LEMBAR PENGUJI.pdf] Text
4 LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 5 LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
5 LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (111kB)
[thumbnail of 6 MOTTO.pdf] Text
6 MOTTO.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 7 ABSTRAK.pdf] Text
7 ABSTRAK.pdf

Download (221kB)
[thumbnail of 8 KATA PENGANTAR.pdf] Text
8 KATA PENGANTAR.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of 9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf] Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 10 BAB 1.pdf] Text
10 BAB 1.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 11 BAB 2.pdf] Text
11 BAB 2.pdf

Download (327kB)
[thumbnail of 12 BAB 3.pdf] Text
12 BAB 3.pdf

Download (360kB)
[thumbnail of 13 BAB 4.pdf] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)
[thumbnail of 14 BAB 5.pdf] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[thumbnail of 15 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 16 LAMPIRAN.pdf] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[thumbnail of 17 BIODATA PENULIS.pdf] Text
17 BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di era digital telah memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam sektor perbankan. Kemajuan teknologi mendorong bank untuk berinovasi dalam menyediakan layanan yang praktis, cepat, dan aman bagi nasabah. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah Digital Banking, yaitu layanan perbankan berbasis teknologi yang memungkinkan nasabah melakukan berbagai transaksi tanpa harus datang langsung ke kantor cabang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan layanan Digital banking terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (BJB) Tbk. Cabang Tasikmalaya. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya pemanfaatan teknologi dalam sektor perbankan dan tuntutan nasabah akan layanan yang cepat, mudah, dan aman. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang dibagikan kepada 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, normalitas, regresi linier sederhana, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penggunaan Digital banking dan kepuasan nasabah berada pada kategori tinggi. Hasil analisis regresi menunjukkan bahwa penggunaan Digital banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah, dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,752. Artinya, 75,2% variasi kepuasan nasabah dijelaskan oleh penggunaan layanan Digital banking, sementara sisanya 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.

Kata kunci: Digital banking, Kepuasan Nasabah, Bank BJB

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Keuangan dan Perbankan (DIII)
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 09 Dec 2025 01:55
Last Modified: 09 Dec 2025 01:55
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2277

Actions (login required)

View Item
View Item