RAMDANI, CANDRA EGI (2024) THE CONSTRUCTION OF POLITENESS STRATEGIES IN THE DIALOGUE OF AN INDONESIAN ELT TEXTBOOK ENTITLED “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” GRADE VIII. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (182kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (1MB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (429kB)
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (264kB)
5. PREFACE.pdf
Download (173kB)
6. ACKNOWLEDGEMENT.pdf
Download (175kB)
7. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (126kB)
8. CHAPTER 1.pdf
Download (182kB)
9. CHAPTER 2.pdf
Download (211kB)
10. CHAPTER 3.pdf
Download (197kB)
11. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (225kB)
12. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (176kB)
13. REFERENCES.pdf
Download (125kB)
14. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (383kB)
15. BIOGRAPHY.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (61kB)
Abstract
Pragmatik merupakan aspek linguistik yang sangat penting dalam belajar bahasa
Inggris karena dengan memahami pragmatik maka itu bisa membangun komunikasi
yang baik. Strategi kesantunan merupakan salah bagian dari pragmatik, maka dari
itu mengajarkan kesantunan dikelas akan meningkatan pemahaman mengenai
pragmatik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kesantunan yang
muncul didalam dialog sebuah buku Bahasa Inggris untuk kelas VIII. Metode peelitian
yang digunakan adalah qualitative, analsisis konten. Objek yang dipakai untuk
penelitian adalah buku pengajaran Bahasa Inggris untuk kelas VIII yang diterbitkan
oleh Kementrian Pendidikan dan Budaya. Pengambilan data menggunakan metode
dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teori strategi kesantunan dari Brown &
Levinson (1987). Berdasarkan hasil analisi data peneliti menemukan 3 strategi
kesantunan yang muncul dalam buku tersebut yaitu, 1. Bald on record; 2. Positive
Politeness; 3. Negative Politeness. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan
bahwa penggunaan positive politeness yang tinggi selaras dengan aktivitas yang
terjadi dikelas, yaitu interaksi antara guru dan murid dan keinginan murid untuk lebih
di apresiasi. Peneliti merekomendasikan untuk melakukan penelitian serupa dengan
menggunakan buku yang di terbitkan oleh Kementrian Pendidikan untuk menemukan
keefektifan buku dalam membantu pengembangan keterampilan berbahasa.
Kata kunci: Pragamtik, Strategi Kesantunan, Buku Pengajaran Bahasa Inggris
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:49 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:49 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/215 |
