SULASTRI, FITRI (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL THINKING (Studi Quasi Ekperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi untuk Siswa kelas XI SMAN 10 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. cover.pdf
Download (239kB)
2. pengesahan.pdf
Download (62kB)
3. penguji.pdf
Download (58kB)
4. pernyataan.pdf
Download (130kB)
5. abstrak.pdf
Download (292kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (252kB)
7. ucapan terima kasih.pdf
Download (256kB)
8. daftar isi.pdf
Download (354kB)
9. bab 1.pdf
Download (261kB)
10. bab 2.pdf
Download (386kB)
11. bab 3.pdf
Download (477kB)
12. bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (404kB)
13. bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
14. daftar pustaka.pdf
Download (276kB)
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan penelitian pendahuluan melalui tes indikator Critical
thinking terdapat permasalahan rendahnya kemampuan Critical thinking siswa di
sekolah. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
PBL dalam meningkatkan kemampuan Critical thinking siswa pada mata pelajaran
Teori Uang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakna metode penelitian Desain
Quasi Experimen bentuk Nonequivalen Control Group Design menggunakan pretest
dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh siswa kelas XI yang
berminat mata Pelajaran ekonomi di SMA Negeri 10 Tasikmalaya tahun ajaran
2023/2024 yang berjumlah 253. Sampel yang dipilih kelas XI-11 sebagai kelas
eksperimen menggunakan model PBL dan kelas XI-9 menggunakan model Discovery
Learnining. Teknik pengumpulan data berupa tes uraian pada materi teori uang sesuai
indikator kemampuan Critical thinking. Adapun hasil dari penelitian ini, dimana kelas
ekperimen yang menggunakan model Problem Based Learning terdapat perbedaan
pada sebelum dan sesudah perlakuan, kelas kontrol yang menggunakan model
Discovery Learning terdapat pengaruh pada sebelum dan sesudah perlakuan, dan
terdapat perbedaan kemampuan Critical thinking siswa antara kelas eksperimen dan
kelas kontrol yang berdasarkan uji hipotesis bahwa nilai Sig. (2 -Tailed) yang
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.
Kata kunci: PBL. Critical thinking, kelas kontrol Discovery Learning, Teori Uang.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 07:44 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 07:44 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/214 |
