ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS METODE SOSTAC PADA PASAR CIKURUBUK ONLINE

KADARSIH, R. DEWI PUTRI (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS METODE SOSTAC PADA PASAR CIKURUBUK ONLINE. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1 COVER.pdf] Text
1 COVER.pdf

Download (49kB)
[thumbnail of 2 PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf] Text
2 PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB)
[thumbnail of 4 ABSTRAK.pdf] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 5 ABSTRACT.pdf] Text
5 ABSTRACT.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 6 KATA PENGANTAR.pdf] Text
6 KATA PENGANTAR.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 8. DAFTAR TABEL.pdf] Text
8. DAFTAR TABEL.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 9. DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 11 BAB I PENDAHULUAN.pdf] Text
11 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of 12 BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf] Text
12 BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 13 BAB III METODE PENELITIAN.pdf] Text
13 BAB III METODE PENELITIAN.pdf

Download (302kB)
[thumbnail of 14 BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf] Text
14 BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[thumbnail of 15 BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf] Text
15 BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.docx.pdf] Text
16 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[thumbnail of 17 DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[thumbnail of 18 LAMPIRAN.pdf] Text
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Pasar Cikurubuk Online (PCO) merupakan toko online yang berdiri sejak pandemi Covid-19 tahun 2020. PCO hadir sebagai salah satu inovasi penerapan teknologi digital marketing dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk hasil
pertanian untuk bahan masakan dapur yang berasal dari Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh PCO. Penelitian ini memakai metode studi kasus dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan metode SOSTAC. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah pengadaan produk di PCO menggunakan sistem dropship dan reseller. Lalu PCO telah memanfaatkan teknologi digital marketing dengan menggunakan marketplace, media sosial dan landing page. Implementasi strategi pemasaran
digital yang telah dilakukan oleh PCO yakni memberikan gratis ongkir, diskon, dan voucher toko. Kemudian hasil perancangan strategi digital marketing berbasis
metode SOSTAC dapat dilaksanakan melalui enam tahapan yaitu 1. Situation analysis dari SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) 2. Objectives dengan model 5S (sell, serve, sizzle, speak and save) 3. Strategy merencanakan STP
(segmentation, targeting, positioning) 4. Tactics dengan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process and physical evidence) 5. Actions melalui project planning, perencanaan konten dan perancangan identitas visual 6. Control dengan pemantauan KPI (key perfomance indicator) dari model RACE (reach, act, convert, engage).
Kata Kunci : Pasar Cikurubuk, Digital Marketing, Strategi, SOSTAC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 27 Oct 2025 03:07
Last Modified: 27 Oct 2025 03:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item