KADARSIH, R. DEWI PUTRI (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI STRATEGI DIGITAL MARKETING BERBASIS METODE SOSTAC PADA PASAR CIKURUBUK ONLINE. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1 COVER.pdf
Download (49kB)
2 PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT.pdf
Download (1MB)
3 LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (294kB)
4 ABSTRAK.pdf
Download (12kB)
5 ABSTRACT.pdf
Download (30kB)
6 KATA PENGANTAR.pdf
Download (44kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (1MB)
8. DAFTAR TABEL.pdf
Download (1MB)
9. DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (1MB)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Download (1MB)
11 BAB I PENDAHULUAN.pdf
Download (76kB)
12 BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN PENDEKATAN MASALAH.pdf
Download (681kB)
13 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Download (302kB)
14 BAB IV GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (40kB)
15 BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16 BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14kB)
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (161kB)
18 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (973kB)
Abstract
Pasar Cikurubuk Online (PCO) merupakan toko online yang berdiri sejak pandemi Covid-19 tahun 2020. PCO hadir sebagai salah satu inovasi penerapan teknologi digital marketing dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya produk hasil
pertanian untuk bahan masakan dapur yang berasal dari Pasar Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis strategi pemasaran digital yang dilakukan oleh PCO. Penelitian ini memakai metode studi kasus dengan jenis
penelitian kualitatif deskriptif. Analisis data menggunakan metode SOSTAC. Sumber data yang digunakan yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini adalah pengadaan produk di PCO menggunakan sistem dropship dan reseller. Lalu PCO telah memanfaatkan teknologi digital marketing dengan menggunakan marketplace, media sosial dan landing page. Implementasi strategi pemasaran
digital yang telah dilakukan oleh PCO yakni memberikan gratis ongkir, diskon, dan voucher toko. Kemudian hasil perancangan strategi digital marketing berbasis
metode SOSTAC dapat dilaksanakan melalui enam tahapan yaitu 1. Situation analysis dari SWOT (strength, weakness, opportunity, threat) 2. Objectives dengan model 5S (sell, serve, sizzle, speak and save) 3. Strategy merencanakan STP
(segmentation, targeting, positioning) 4. Tactics dengan bauran pemasaran 7P (product, price, place, promotion, people, process and physical evidence) 5. Actions melalui project planning, perencanaan konten dan perancangan identitas visual 6. Control dengan pemantauan KPI (key perfomance indicator) dari model RACE (reach, act, convert, engage).
Kata Kunci : Pasar Cikurubuk, Digital Marketing, Strategi, SOSTAC
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
| Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 03:07 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 03:07 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/154 |
