Afini, Faujiah (2025) PENGARUH PERSONAL BRANDING ARTIS KOMENG TERHADAP PERILAKU PEMILIH DI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.
COVER.pdf
Download (139kB)
Lembar pengesahan.pdf
Download (794kB)
Pernyataan.pdf
Download (656kB)
ABSTRAK 2.pdf
Download (204kB)
KATA PENGANTAR.pdf
Download (141kB)
DAFTAR ISI.pdf
Download (208kB)
DAFTAR TABEL.pdf
Download (89kB)
DAFTAR GAMBAR.pdf
Download (76kB)
BAB I.pdf
Download (277kB)
BAB II.pdf
Download (280kB)
BAB III.pdf
Download (581kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (886kB)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (143kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (166kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Perilaku Pemilih ini dapat di tentukan ataupun dipengaruhi oleh beberapa
hal, salah satunya adalah Personal Branding, Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh personal branding artis Komeng terhadap perilaku
pemilih di Kota Tasikmalaya pada Pemilihan Umum DPD RI Tahun
2024. Personal branding Komeng seorang komedian mencuri perhatian publik
melalui gaya yang unik dan berbeda dari calon legislatif pada umumnya.
Fenomena ini menarik untuk diteliti karena menunjukkan bahwa popularitas
dan citra personal dapat memengaruhi keputusan politik masyarakat,
khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan
dengan cara cluster Random Sampling untuk menentukan sampelnya yang
berjumlah sebanyak 400 responden, sampel pada penelitian ini adalah jumlah
Daftar Pemilih Tetap Kota Tasikmalaya yang memilih Komeng.
Hasil Penelitian pada penelitian ini Personal Branding berpengaruh positif
dan signifikan terhadap perilaku pemilih di Kota Tasikmalaya pengaruhnya
sebesar 59,1% maka dapat diartikan bahwa semakin tinggi personal
branding yang diberikan komeng maka semakin tinggi juga perilaku pemilih
terjadi di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mencerminkan
adanya
pergeseran perilaku pemilih
dari
pertimbangan
rasional ke arah simbolik dan emosional, personal branding terbukti dapat
membentuk peresepsi positif yang berdampak langsung kepada
perilaku pemilih. Penelitian ini sesuai dengan teori perilaku pemilih yang
mengatakan bahwa perilaku pemilih dipengaruhi oleh Personal Branding.
Kata Kunci : Personal Branding Artis, Perilaku Pemilih.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | J Political Science > JC Political theory |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
| Depositing User: | irma sri katon |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 04:08 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 04:08 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1290 |
