PENGARUH PERSONAL BRANDING ARTIS KOMENG TERHADAP PERILAKU PEMILIH DI KOTA TASIKMALAYA

Afini, Faujiah (2025) PENGARUH PERSONAL BRANDING ARTIS KOMENG TERHADAP PERILAKU PEMILIH DI KOTA TASIKMALAYA. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Lembar pengesahan.pdf] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (794kB)
[thumbnail of Pernyataan.pdf] Text
Pernyataan.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of ABSTRAK 2.pdf] Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of KATA PENGANTAR.pdf] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[thumbnail of DAFTAR TABEL.pdf] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of DAFTAR GAMBAR.pdf] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (76kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (277kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (581kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perilaku Pemilih ini dapat di tentukan ataupun dipengaruhi oleh beberapa
hal, salah satunya adalah Personal Branding, Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh personal branding artis Komeng terhadap perilaku
pemilih di Kota Tasikmalaya pada Pemilihan Umum DPD RI Tahun
2024. Personal branding Komeng seorang komedian mencuri perhatian publik
melalui gaya yang unik dan berbeda dari calon legislatif pada umumnya.
Fenomena ini menarik untuk diteliti karena menunjukkan bahwa popularitas
dan citra personal dapat memengaruhi keputusan politik masyarakat,
khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian Kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana yang dilakukan
dengan cara cluster Random Sampling untuk menentukan sampelnya yang
berjumlah sebanyak 400 responden, sampel pada penelitian ini adalah jumlah
Daftar Pemilih Tetap Kota Tasikmalaya yang memilih Komeng.
Hasil Penelitian pada penelitian ini Personal Branding berpengaruh positif
dan signifikan terhadap perilaku pemilih di Kota Tasikmalaya pengaruhnya
sebesar 59,1% maka dapat diartikan bahwa semakin tinggi personal
branding yang diberikan komeng maka semakin tinggi juga perilaku pemilih
terjadi di Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilakukan untuk mencerminkan
adanya
pergeseran perilaku pemilih
dari
pertimbangan
rasional ke arah simbolik dan emosional, personal branding terbukti dapat
membentuk peresepsi positif yang berdampak langsung kepada
perilaku pemilih. Penelitian ini sesuai dengan teori perilaku pemilih yang
mengatakan bahwa perilaku pemilih dipengaruhi oleh Personal Branding.
Kata Kunci : Personal Branding Artis, Perilaku Pemilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: irma sri katon
Date Deposited: 17 Nov 2025 04:08
Last Modified: 17 Nov 2025 04:08
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item
View Item