PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION

HIKMAH, NADILLA NURUL (2024) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PENDEKATAN BERDIFERENSIASI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1_Cover.pdf] Text
1_Cover.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2_Lembar Pengesahan.pdf] Text
2_Lembar Pengesahan.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 3_Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf] Text
3_Surat Keterangan Revisi Ujian.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of 4_Pernyataan Keaslian.pdf] Text
4_Pernyataan Keaslian.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 5_Abstrak.pdf] Text
5_Abstrak.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of 6_Kata Pengantar.pdf] Text
6_Kata Pengantar.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of 7_Daftar Isi.pdf] Text
7_Daftar Isi.pdf

Download (394kB)
[thumbnail of 8_Daftar Tabel.pdf] Text
8_Daftar Tabel.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 9_Daftar gambar.pdf] Text
9_Daftar gambar.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf] Text
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of 11_BAB 1.pdf] Text
11_BAB 1.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 12_BAB 2.pdf] Text
12_BAB 2.pdf

Download (777kB)
[thumbnail of 13_BAB 3.pdf] Text
13_BAB 3.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of 14_BAB 4.pdf] Text
14_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of 15_ BAB 5.pdf] Text
15_ BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[thumbnail of 16_Daftar Pustaka.pdf] Text
16_Daftar Pustaka.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 17_Lampiran.pdf] Text
17_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 18_riwayat hidup.pdf] Text
18_riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik antara yang menggunakan model Problem Based Learning dengan pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dan model Problem Based learning dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis metode eksperimen dengan desain penelitian
posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VIII. Sampel diambil secara acak kemudian terpilih kelas VIII F sebanyak 33 orang dengan
menggunakan model Problem Based Learning pendekatan berdiferensiasi dan kelas VIII E sebanyak 33 orang dengan menggunakan model Problem Based learning pendekatan
Realistic Mathematics Education. Instrumen penelitian yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Pengumpulan data tes kemampuan berpikir
kritis matematis siswa dilakukan satu kali di akhir pembelajaran. Teknik analisis data dideskripsikan dan pengujian hipotesis menggunakan uji independentsample t-test
dengan SPSS Versi 25. Dari hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan signifikan rata-rata kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang menggunakan model
Problem Based Learning (PBL) pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dan model problem based learning dengan pendekatan realistic mathematics education.

Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Berdiferensiasi, Realistic Mathematics Education

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 27 Oct 2025 01:15
Last Modified: 27 Oct 2025 01:15
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item
View Item