PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DI SMP

SHOFARY, TAMI AYU KHOTIMAH (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DI SMP. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2. PENGESAHAN.pdf] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR REVISI.pdf] Text
3. LEMBAR REVISI.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of 4. PERNYATAAN.pdf] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (97kB)
[thumbnail of 5. ABSTRAK.pdf] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (451kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[thumbnail of 15. RIWAYAT HIDUP.pdf] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Genially terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data didapatkan dari hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis yang sebelum digunakan sudah melalui tahap validasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Rajapolah dengan sampel kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T Test) dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa di kelas eksperimen adalah 11,15 dan kelas kontrol adalah 8,7. Nilai ini menunjukkan bahwa rata-rata di kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dilihat dari statistik deskriptif hasil tes, ketiga indikator kemampuan berpikir reflektif matematis memiliki nilai persentase lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, data hasil tes berdistribusi normal dan juga homogen. Hasil uji T didapatkan bahwa nilai ���.(2 − ������) adalah 0,039 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Genially terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Kata kunci: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 14 Nov 2025 06:22
Last Modified: 14 Nov 2025 06:22
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1255

Actions (login required)

View Item
View Item