SHOFARY, TAMI AYU KHOTIMAH (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GENIALLY TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS SISWA DI SMP. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (87kB)
2. PENGESAHAN.pdf
Download (89kB)
3. LEMBAR REVISI.pdf
Download (128kB)
4. PERNYATAAN.pdf
Download (97kB)
5. ABSTRAK.pdf
Download (42kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (71kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (141kB)
8. BAB I.pdf
Download (99kB)
9. BAB II.pdf
Download (451kB)
10. BAB III.pdf
Download (465kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (169kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (49kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (197kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (12MB)
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (23kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Genially terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Data didapatkan dari hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis yang sebelum digunakan sudah melalui tahap validasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Rajapolah dengan sampel kelas VII-C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-A sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t (Independent Sample T Test) dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir reflektif matematis siswa di kelas eksperimen adalah 11,15 dan kelas kontrol adalah 8,7. Nilai ini menunjukkan bahwa rata-rata di kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Dilihat dari statistik deskriptif hasil tes, ketiga indikator kemampuan berpikir reflektif matematis memiliki nilai persentase lebih besar pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Setelah dilakukan analisis data, data hasil tes berdistribusi normal dan juga homogen. Hasil uji T didapatkan bahwa nilai ���.(2 − ������) adalah 0,039 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Genially terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.
Kata kunci: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 14 Nov 2025 06:22 |
| Last Modified: | 14 Nov 2025 06:22 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1255 |
