ADILLAH, PUTRI NURFAUZIAH (2025) STUDENTS’ EXPERIENCE THE USE OF RECIPROCAL TEACHING METHOD IN READING ACTIVITIES. Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (244kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (220kB)
3. APPROVAL SHEET.pdf
Download (156kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (157kB)
5. MOTTO.pdf
Download (125kB)
6. ABSTRAK.pdf
Download (238kB)
7. PREFACE.pdf
Download (125kB)
8. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (126kB)
9. TABLE OF CONTENT.pdf
Download (416kB)
10. CHAPTER 1.pdf
Download (157kB)
11. CHAPTER 2.pdf
Download (150kB)
12. CHAPTER 3.pdf
Download (236kB)
13. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (318kB)
14. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (128kB)
15. REFERENCES.pdf
Download (289kB)
16. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman siswa dalam penggunaan metode Reciprocal Teaching (RT) dalam kegiatan membaca di kelas bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Fokus penelitian ini tertuju pada tiga siswa sekolah menengah pertama untuk memperoleh pemahaman mendalam terkait tantangan yang mereka hadapi serta solusi yang mereka terapkan saat berinteraksi dengan teks bacaan menggunakan pendekatan RT. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis menggunakan analisis tematik. Temuan penelitian menunjukkan tiga tantangan utama yang dialami oleh siswa, yaitu: (1) Tantangan dalam memahami topik dan kosakata yang tidak familiar, (2) Tantangan dalam memprioritaskan dan mengidentifikasi informasi yang relevan, dan (3) tantangan dalam keterlibatan emosional, di mana beberapa siswa merasa kurang tertarik atau termotivasi saat membaca. Meskipun menghadapi berbagai kesulitan, siswa menunjukkan beberapa solusi untuk mengatasinya, antara lain: (1) menggunakan petunjuk dalam teks dan pengetahuan sebelumnya untuk memahami isi bacaan dengan lebih baik, (2) menggunakan catatan dan membaca ulang untuk menghubungkan serta memahami ide-ide secara lebih efektif, dan (3) menggunakan interaksi sosial untuk mencari pemahaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Reciprocal Teaching dapat menjadi metode yang efektif dalam membantu siswa EFL mengembangkan keterampilan membaca mereka, khususnya jika tantangan serta solusi yang dihasilkan siswa diperhatikan. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya adaptasi strategi RT agar sesuai dengan kebutuhan individu siswa guna mencapai hasil pemahaman bacaan yang lebih optimal.
Kata kunci: Pengalaman Siswa,Reciprocal Teaching, Tantangan dan Solusi.
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | Lelis Marsidah |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:12 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:12 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1219 |
