EXPLORING PRONUNCIATION LEARNING THROUGH ENGLISH FILMS: A CASE OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS

SHABIRA, KEYSA GHESANIY (2025) EXPLORING PRONUNCIATION LEARNING THROUGH ENGLISH FILMS: A CASE OF ENGLISH EDUCATION STUDENTS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (246kB)
[thumbnail of 2. APPROVAL SHEET.pdf] Text
2. APPROVAL SHEET.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 3. APPROVAL SHEET.pdf] Text
3. APPROVAL SHEET.pdf

Download (546kB)
[thumbnail of 4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (301kB)
[thumbnail of 5. MOTTO.pdf] Text
5. MOTTO.pdf

Download (205kB)
[thumbnail of 6. ABSTRAK.pdf] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 7. PREFACE & ACKNOWLEGEMENTS.pdf] Text
7. PREFACE & ACKNOWLEGEMENTS.pdf

Download (140kB)
[thumbnail of 8. TABLE OF CONTENT.pdf] Text
8. TABLE OF CONTENT.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 9. CHAPTER 1.pdf] Text
9. CHAPTER 1.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of 10. CHAPTER 2.pdf] Text
10. CHAPTER 2.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of 11. CHAPTER 3.pdf] Text
11. CHAPTER 3.pdf

Download (229kB)
[thumbnail of 12. CHAPTER 4.pdf] Text
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[thumbnail of 13. CHAPTER 5.pdf] Text
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[thumbnail of 14. REFERENCES.pdf] Text
14. REFERENCES.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of 15. ENCLOSURES.pdf] Text
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris memandang penggunaan film berbahasa Inggris sebagai media pembelajaran pengucapan. Menggunakan teori Kognitif Sosial Bandura, studi kasus ini melibatkan wawancara semi-terstruktur, dengan tiga siswa yang memiliki pengucapan bahasa Inggris yang baik, memperoleh nilai bagus dalam mata kuliah pengucapan, dan aktif menggunakan film untuk belajar mandiri. Melalui analisis tematik dari Braun dan Clarke (2006), penelitian ini menunjukkan tiga tema: (1) Kemampuan Perilaku dalam Pembelajaran Pengucapan, (2) Pembelajaran Observasional dalam Pengucapan, dan (3) Pengaturan Diri dalam Kemajuan Pembelajaran Pengucapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mendapat manfaat dari meniru dialog aktor, menggunakan teks terjemahan dan gerakan isyarat tubuh, serta latihan mendengarkan berulang. Siswa melaporkan peningkatan dalam aspek penekanan kata, intonasi, ritme, artikulasi, dan aksen, yang memengaruhi kefasihan dan kepercayaan diri dalam berbicara. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam pemanfaatan media film berbahasa Inggris untuk mendukung pembelajaran pengucapan.

Kata kunci: Film Berbahasa Inggris, Pengucapan, Pembelajaran Pengucapan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LA History of education
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 03:37
Last Modified: 13 Nov 2025 03:37
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item
View Item