ANALISIS LITERASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM PASCA PELATIHAN BERKELANJUTAN (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Tasikmalaya)

Sabila, Intan Alia (2025) ANALISIS LITERASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM PASCA PELATIHAN BERKELANJUTAN (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 1. COVER .pdf] Text
1. COVER .pdf

Download (387kB)
[thumbnail of 2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (147kB)
[thumbnail of 3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4. ABSTRAK.pdf] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[thumbnail of 5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf] Text
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf

Download (543kB)
[thumbnail of 6. KATA PENGANTAR.pdf] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 7. DAFTAR ISI.pdf] Text
7. DAFTAR ISI.pdf

Download (268kB)
[thumbnail of 8. BAB I.pdf] Text
8. BAB I.pdf

Download (500kB)
[thumbnail of 9. BAB II.pdf] Text
9. BAB II.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of 10. BAB III.pdf] Text
10. BAB III.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of 11. BAB IV.pdf] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[thumbnail of 12. BAB V.pdf] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of 13. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (642kB)
[thumbnail of 14. LAMPIRAN.pdf] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Literasi digital memainkan peran penting dalam perkembangan UMKM, khususnya dalam penerapan pemasaran digital yang memungkinkan UMKM mengakses pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi pemasaran digital dalam perspektif Islam pada UMKM binaan Rumah BUMN sebelum dan setelah mengikuti pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kuesioner yang berisi 23 pertanyaan mengenai digital marketing. Literasi pemasaran digital diukur berdasarkan lima indikator utama: koordinasi, pemasaran, komunitas, konten, dan komunikasi. Hasil penelitiannya nanti akan di konversi pada indeks literasi digital marketing yang dikemukakan oleh Chen & Volpe (1998),yang membagi tingkat literasi kedalam tiga kategori: rendah (apabila berada di bawah 60%), sedang (apabila berada pada rentang 60-80%), dan tinggi (apabila berada di atas 80%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi pemasaran digital pada UMKM binaan Rumah BUMN sebelum mengikuti pelatihan berada pada kategori sedang dengan skor 71,30%, lalu meningkat ke 82,82% yang termasuk ke dalam kategori tinggi setelah mengikuti pelatihan. Indikator koordinasi memiliki nilai tertinggi, sementara indikator komunikasi memiliki nilai terendah, maka dapat disimpulkan bahwa indeks literasi pemasaran digital pasca pelatihan berkelanjutan pada UMKM binaan Rumah BUMN saat ini berada pada kategori tinggi.

Kata Kunci : Literasi Pemasaran Digital, Pelatihan Berkelanjutan, UMKM

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Pascasarjana > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: dewi dewi dewi
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:18
Last Modified: 13 Nov 2025 02:18
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item
View Item