Sabila, Intan Alia (2025) ANALISIS LITERASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PERSPEKTIF ISLAM PASCA PELATIHAN BERKELANJUTAN (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Tasikmalaya). Other thesis, Universitas Siliwangi.
1. COVER .pdf
Download (387kB)
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Download (147kB)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (252kB)
4. ABSTRAK.pdf
Download (563kB)
5. PEDOMAN TRANSLITERASI.pdf
Download (543kB)
6. KATA PENGANTAR.pdf
Download (372kB)
7. DAFTAR ISI.pdf
Download (268kB)
8. BAB I.pdf
Download (500kB)
9. BAB II.pdf
Download (793kB)
10. BAB III.pdf
Download (539kB)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (881kB)
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (642kB)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Literasi digital memainkan peran penting dalam perkembangan UMKM, khususnya dalam penerapan pemasaran digital yang memungkinkan UMKM mengakses pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis literasi pemasaran digital dalam perspektif Islam pada UMKM binaan Rumah BUMN sebelum dan setelah mengikuti pelatihan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan kuesioner yang berisi 23 pertanyaan mengenai digital marketing. Literasi pemasaran digital diukur berdasarkan lima indikator utama: koordinasi, pemasaran, komunitas, konten, dan komunikasi. Hasil penelitiannya nanti akan di konversi pada indeks literasi digital marketing yang dikemukakan oleh Chen & Volpe (1998),yang membagi tingkat literasi kedalam tiga kategori: rendah (apabila berada di bawah 60%), sedang (apabila berada pada rentang 60-80%), dan tinggi (apabila berada di atas 80%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi pemasaran digital pada UMKM binaan Rumah BUMN sebelum mengikuti pelatihan berada pada kategori sedang dengan skor 71,30%, lalu meningkat ke 82,82% yang termasuk ke dalam kategori tinggi setelah mengikuti pelatihan. Indikator koordinasi memiliki nilai tertinggi, sementara indikator komunikasi memiliki nilai terendah, maka dapat disimpulkan bahwa indeks literasi pemasaran digital pasca pelatihan berkelanjutan pada UMKM binaan Rumah BUMN saat ini berada pada kategori tinggi.
Kata Kunci : Literasi Pemasaran Digital, Pelatihan Berkelanjutan, UMKM
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | Pascasarjana > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Fakultas Ekonomi > Ekonomi Syariah |
| Divisions: | Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | dewi dewi dewi |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 02:18 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 02:18 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1185 |
