JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DEMOTIVATION IN LEARNING ENGLISH: HIGHLIGHTING THE FACTORS

SYARIF, MOCHAMMAD RIDWAN (2025) JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ DEMOTIVATION IN LEARNING ENGLISH: HIGHLIGHTING THE FACTORS. Other thesis, Universitas Siliwangi.

[thumbnail of 01 Cover 1.pdf] Text
01 Cover 1.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of 02 Approval Sheet.pdf] Text
02 Approval Sheet.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of 03 Approval Sheet the Examiners.pdf] Text
03 Approval Sheet the Examiners.pdf

Download (338kB)
[thumbnail of 04 Lembar Pernyataan.pdf] Text
04 Lembar Pernyataan.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 05 Abstrak.pdf] Text
05 Abstrak.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 06 Abstract.pdf] Text
06 Abstract.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 07 Preface.pdf] Text
07 Preface.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 08 Acknowledgment.pdf] Text
08 Acknowledgment.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of 09 Table of Contents.pdf] Text
09 Table of Contents.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 10 List of Tables.pdf] Text
10 List of Tables.pdf

Download (299kB)
[thumbnail of 11 List of Enclosures.pdf] Text
11 List of Enclosures.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 12 Chapter 1.pdf] Text
12 Chapter 1.pdf

Download (135kB)
[thumbnail of 13 Chapter 2.pdf] Text
13 Chapter 2.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 14 Chapter 3.pdf] Text
14 Chapter 3.pdf

Download (838kB)
[thumbnail of 15 Chapter 4.pdf] Text
15 Chapter 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16 Chapter 5.pdf] Text
16 Chapter 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[thumbnail of 17 References.pdf] Text
17 References.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 18 Enclosures.pdf] Text
18 Enclosures.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menyoroti faktor-faktor yang membuat siswa terdemotivasi dalam belajar bahasa Inggris di salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus deskriptif. Berfokus pada 2 siswa dan 1 siswi di sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Data dikumpulkan dari wawancara semi-terstruktur. Analisis tematik (Braun & Clarke, 2006) digunakan untuk menganalisis data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa ada 4 faktor yang membuat para siswa terdemotivasi dalam belajar bahasa Inggris di sekolah menengah pertama. Hal tersebut adalah: (1) Peran Guru dalam Demotivasi Siswa, yang meliputi: Umpan balik dan Perlakuan guru, dan Perilaku Guru yang Tidak Diharapkan, kemudian (2) Strategi Pengajaran yang Tidak Menarik, yang meliputi Kurangnya kegiatan yang menarik dan Kurangnya Variasi Sumber Belajar, lalu (3) Kurangnya Upaya Belajar Internal. Dan terakhir (4) Pengaruh Sekitar dan Lingkungan Kelas, yang meliputi: Pengalaman Kelas yang Negatif dan Kurangnya Dukungan Eksternal. Temuan ini menunjukkan bahwa demotivasi belajar bahasa Inggris tidak hanya bersumber dari faktor internal siswa, tetapi juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan strategi pengajaran yang digunakan. Penelitian ini merekomendasikan agar guru lebih sensitif terhadap kebutuhan emosional dan minat siswa, serta menciptakan suasana belajar yang positif dan relevan. Penelitian selanjutnya disarankan untuk dilakukan pada konteks pendidikan yang berbeda dengan jumlah partisipan yang lebih banyak guna memperkaya pemahaman terhadap isu demotivasi dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Kata kunci: Demotivasi, Pembelajaran Bahasa Inggris, Siswa Sekolah Menengah Pertama

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Lelis Marsidah
Date Deposited: 13 Nov 2025 02:07
Last Modified: 13 Nov 2025 02:07
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item
View Item